RADARDEPOK.COM – Pos Sehat Bindu RW9, Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere bekerjasama dengan unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Puskesmas Cinere menyelenggarakan pendampingan program lansia, kemarin (3/11). Giat yang dihelat di Sekretariat RW9, komplek perumahan Megakarya Blok J ini dihadiri lebih dari 40 kader posbindu dari empat kelurahan Se Kecamatan Cinere.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cinere, Sugianto mengatakan, kader dan peserta pelatihan mesti mengimplementasikan ilmu yang di dapat dari kegiatan pelatihan ini. Guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap lansia diwilayah masing-masing. Kegiatan semacam ini sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan para kader. Terutama dalam melaksanakan tugas pendampingan terhadap lansia.

“Saya berharap ilmu yang di dapat bisa diterapkan saat melaksanakan giat pendampingan kepada lansia di wilayah tugas masing masing,” kata sekcam kepada Harian Radar Depok, Rabu (3/11) .

Sementara Ketua Pos Sehat Bindu RW9 Kelurahan Cinere, Astrina Yulda dalam pemaparan materi pelatihan memberikan sejumlah tips cara yang tepat melayani lansia. Menurutnya, kader harus tau karakter lansia yang didampingi. Kader juga harus tau cara yang tepat untuk mengarahkan lansia agar dapat melaksanakan aktivitas sehari hari dengan penuh semangat. “Dan kader juga harus paham program kegiatan yang tepat untuk diterapkan kepada lansia, ini yang menjadi materi utama pemaparan pendampingan program lansia,” ujar Ririn sapaan akrab Astrina Yulda.

Perwakilan dari UPTD Puskesmas Cinere, Aye mengaku, sangat mengapresiasi antusias para kader posbindu dalam mengikuti kegiatan pemaparan pendampingan program lansia. Terimakasih dia sangat apresied terhadap tingginya animo para kader posbindu mengikuti kegiatan pemaparan pendampingan program lansia. “Kami juga sangat menghargai kiprah para kader posyandu yang setiap saat selalu siaga membantu masyarakat khususnya dalam pelayanan bidang kesehatan,” ujarnya.

Usai pemaparan materi dan dialog, kegiatan pelatihan pendampingan lansia ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama Puskesmas Cinere, PSBPTM Al Falah, Dompet Dhuafa dan unsur Kecamatan Cinere.(van/rd)

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Fahmi Akbar