cek posyandu
PANTAU: Ketua tim penilai klarifikasi lapangan, Radej Julianto (Kanan) sedang meninjau sekretariat Pokjanal Kota Depok, Gedung Dibaleka II Lantai 1, Kamis (11/11). DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Melaju dalam enam besar kategori Kota dalam Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat, Tim Verifikasi Lapangan melakukan kunjungan terhadap kesiapan Kota Depok. Peninjauan mulai dari Kelompok Kerja Opersional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal) tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota, dan Posyandu Kurnia, Beji Timur.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, terdapat 12 Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam lomba tingkat Provinsi Jawa Barat. Sejumlah persiapan dan inovasi terus diberikan Pemerintah Kota Depok bersama stakeholder.

“Alhamdulillah, kami menerima tim verifikasi lapangan untuk posyandu se Jabar. Kota Depok masuk ke dalam enam kota yang sudah otomatis dapat Posyandu Award,” ujarnya kepada Radar Depok, Kamis (11/10).

Menurutnya, Kota Depok sendiri sudah berkali-kali mendapatkan penghargaan lomba Posyandu di tingkat nasional. Idris tak mau berandai-andai terhadap ajang kali ini, dan menyerahkan seluruhnya kepada tim penilaian.

“Ya kita serahkan kepada tim verifikasi kita realistis saja, normatif, kalau memang tuhan sudah memantaskan Depok jadi juara ya jadi juara enggak bisa ada penghalang. Kita serahkan kepada Allah SWT Tuhan yang maha kuasa lewat tangan-tangan dan mata-mata pengamatan dari tim penilai,” tandasnya.

Ketua Tim Penilai Klarifikasi Lapangan, Raden Julianto mengungkapkan, klarifikasi yang dilakukan untuk menentukan peringkat pertama sampai keempat. Indikator penilaian dalam tahap ini meliputi 20 persen dari Pokjanal Kota Depok, 20 persen Pokjanal Kecamatan, 20 persen Pokjanal Kelurahan, dan 40 persen dari Posyandu Karunia.

“Kota Depok sudah punya pengalaman juara nasional, selanjutnya paling kita lihat sisi inovasi apa yang sudah dilajukan posyandu. Nah ada dua kategori lomba, yaitu 6 Kabupaten, dan 6 Kota, dan Depok bersaing dengan Kota Bandung, Cimahi, Bogor, Cirebon, dan Sukabumi,” tandasnya.

Di lokasi yang sama, Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida mengapresiasi capaian Kota Depok yang berhasil masuk enam besar Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021. Menurutnya, keberhasilan tersebut berkat kolaborasi semua pihak.

“Karena ini kolaborasi. Mulai dari dukungan Bapak Wali Kota, Pak Sekda, Bappeda dan semua unsur yang terkait dan leading sektor yang ada di DPAPMK bersama PKK termasuk juga, pak camat dan pak lurah sampai kader-kader di Posyandu,” ucapnya.

Momentum ini juga diharapkan mampu menjadi pengingat kepada masyarakat agar terus menjaga kesehatannya meskipun di tengah masa pandemi Covid-19. Hal ini juga dalam rangka meningkatkan Indeks Pembanguan Manusia (IPM).

“Alhamdulillah, ternyata ketika sudah masuk datanya, langsung diverifikasi hari ini. Tentunya penilaian ini adalah sebuah proses penghargaan bagi kami untuk memberikan apresiasi kepada mereka kader-kader dan semuanya,” tutupnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro