pengmas dari dosen

FAKTA bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan, dan bahkan kesadaran rendah mengenai hidup bersih dan sehat apalagi di masa pandemi seperti ini, memberikan alasan yang cukup kuat untuk melaksanakan suatu kegiatan yang bersifat menjelaskan secara mudah dan terperinci mengenai apa itu pola hidup bersih dan sehat.

Untuk dapat melaksanakan kegiatan tersebut, dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi pandemi virus Korona (Covid-19) seperti sekarang ini, sebuah upaya pengembangan teknologi multimedia digital dapat menjadi alternatif solusinya.

Dinas Kesehatan (dinkes) kota Depok sebagai instansi pemerintah yang mengemban fungsi sebagai penyedia layanan kesehatan kepada masyarakat terutama dimasa pandemi seperti ini harus melakukan inovasi dalam menyediakan informasi dan meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat, salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan media Motion graphic (MoGraf).

pengmas dari dosen 2

Akan tetapi dalam implementasinya banyak tantangan yang dihadapi di lapangan, salah satunya terbatasnya pengetahuan SDM dinas Kesehatan Kota Depok tentang bagaimana cara membuat motion graphic untuk membagikan informasi kesehatan yang didapatkan oleh pemerintah kepada masyarakat umum. (Hata, 2021)

Oleh karena itu dalam upaya mendukung program Dinas Kesehatan Kota Depok untuk menyediakan informasi kepada masyarakat dalam masa pandemi ini maka civitas akademika dosen dan juga mahasiswa dari Program Studi Teknik Multimedia Digital Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan depok melakukan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan pola hidup hersih dan sehat (PHBS) dengan media MoGraf pada tanggal 8 November 2021 kemarin agar penyampaian informasi dan pengetahuan kesehatan kepada masyarakat dapat berjalan secara efisien dan berkualitas dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan. (*)