RADARDEPOK.COM – Pengguna raket nyamuk, kerap mengeluhkan sulitnya mencari yang tahan lama. Hal itu lantaran raket nyamuk gampang rusak, tapi kenapa?

Meski begitu, raket nyamuk menjadi salah satu alat pembasmi nyamuk yang kerap dicari, apalagi dimusim hujan seperti ini. Bagi beberapa orang, pakai raket nyamuk dianggap lebih aman dibanding pasang obat nyamuk.

Nah agar awet dan tidak cepat rusak, kenali beberapa penyebab kerusakan raket nyamuk berikut ini.

  1. Cara pakai asal-asalan

Sebagaimana alat elektronik pada umumnya, raket nyamuk juga memiliki umur pakai. Makin sering dipakai, makin cepat habis umurnya. Karenanya, disarankan untuk bijak menggunakannya. Misalnya, dengan menekan tomboh hanya jika sudah benar-benar yakin ketika nyamuk yang ditarget sudah dalam jangkauan.

“sama jangan sering diutak atik gitu tombolnya. Biasanya kan ada orang yang suka cetek-cetekin tombolnya,” kata Ni Putu Putri, mahasiswi di Tangerang yang hobi bulutangkis dan karenanya cukup lihai mengayunkan raket nyamuk.

  1. Kepentok

Raket nyamuk didesain untuk memukul nyamuk, bukan lemari atau meja-kursi. Tetapi karena nyamuk seringkali bermanuver, benturan dengan benda-benda keras tersebut kerap kali tak terhindarkan dan berdampak pada kerusakan beberapa komponen di dalamnya.

Baca Juga : https://www.radardepok.com/2021/11/nah-loh-korupsi-damkar-depok-dilaporkan-ke-jamwas-kejagung/

“Lumayan sering, biasanya kaki meja sama lantai kalau nyamuknya di bawah banget,” kata Siti Aisha (22) seorang pengguna raket nyamuk di Tangerang.

Untuk mencegahnya, lebih disarankan untuk mengayunkan dengan perlahan. Tidak perlu di-smash karena toh nyamuk tetap akan mati karena sengatan listrik, terlepas dari kuat-pelannya ayunan raket.

  1. Jarang dibersihkan

Bangkai nyamuk yang terperangkap tak jarang menyebabkan kawat-kawat raket nyamuk berkarat, lalu cepat rusak. Karenanya, sangat disarankan untuk rajin-rajin membersihkan agar umur pakainya lebih panjang.

“Sering aku bersihin aja gitu pake kemoceng,” kata Aisha.

  1. Salah ngecas

Tak beda dengan ponsel, raket nyamuk yang memiliki baterai isi ulang juga butuh treatment khusus agar baterainya awet. Umumnya, cara ngecas raket nyamuk disesuaikan dengan jenis baterai yang digunakan.

“Ikutin yang ada di produk aja, kalu yang ini punya itu dihabiskan dulu baterainya sampai habis baru dicas lagi,” saran Cindy, pemilik toko listrik yang menjual raket nyamuk di Pasar Anyar Tangerang. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya