SBY kanker ke amerka
Susilo Bambang Yudhoyono.

RADARDEPOK.COM – Usai didiagnosis kanker prostat, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) diberangkatkan ke luar negeri untuk berobat. Jika merujuk pada aturan, biaya pengobatan juga termasuk fasilitas yang diterima oleh mantan Presiden akan ditanggung negara.

Aturan soal biaya pengobatan mantan presiden ini diatur dalam UU No 7 Tahun 1978 Tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serata Bekas Presiden dan Wakil Presiden. Aturan biasanya ini diatur dalam Pasal 7.

Dalam pasal 7 ayat c, mantan presiden mendapat biaya perawatan kesehatan full.

Pasal 7
Selain dari pensiun pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (2) kepala bekas Presiden dan bekas Wakil Presiden diberikan pula:
a. tunjangan-tunjangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai pensiun yang berlaku bagi Pegawai Negeri;
b. biaya rumah tangga yang berkenaan dengan pemakaian air, listrik, dan telepon;
c. seluruh biaya perawatan kesehatannya serta keluarganya.

SBY berangkat ke luar negeri hari ini untuk pengobatan kanker prostat ditemani keluarganya.

“Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini,” kata Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan, Selasa (02/11).

SBY akan berobat tepatnya di Minneapolis. Dari wilayah tersebut masih 1,5 jam untuk sampai ke Mayo.

“Di US, di Mayo ya, di dekat, di Minneapolis ya. Dari Minneapolis itu 1,5 jam lagi di Mayo. Itu khusus untuk cancer. Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini,” kata Syarief.

Syarief juga memastikan kerja politik Partai Demokrat tidak terganggu. Sebab, AHY yang langsung memimpin Partai Demokrat.

“Nggak (ganggu kerja politik Demokrat), karena sudah di-take langsung oleh Mas AHY,” imbuhnya.

Diketahui, SBY telah menjalani berbagai pemeriksaan, di antaranya melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, dan pemeriksaan lainnya. Hasilnya, kanker prostat yang diidap SBY dalam stadium awal.

“Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY,” ungkap staf pribadi SBY, Ossy Dermawan. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya