adidas malaysia wayang

RADARDEPOK.COM – Adidas yang merupakan produk sepatu olahraga asal Jerman, membuat warganet Indonesia berang. Hal itu lantaran akun @adidassg pada Selasa (9/11) mengklaim jika kebudayaan wayang merupakan warisan budaya Malaysia.

Dalam video yang diunggah akun Adidas Singapura tersebut, ditampilkan sepatu jenis UltraBoost dengan desain gambar Wayang Kulit.

Dalam keterangan tertulis yang tertera disebutkan jika wayang kulit yang menjadi motif pada sepatu tersebut, hadir dalam rangka merayakan warisan budaya Malaysia melalui pandangan seorang Design Artist, Jaemy Choong.

Selain itu, tertulis juga sepatu tersebut memiliki desain yang membahas mengenai rasa hormat terhadap Wayang kulit sebagai bagian penting dari identitas budaya dan warisan Malaysia dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan warna-warna modern.

Celebrate Malaysia’s cultural heritage through @JAEMYC’s eyes, in our next #UltraBOOST DNA City Pack!”

“The design speaks of paying homage to Wayang Kulit, a significant part of Malaysia’s cultural identity and heritage by fusing elements of Wayang Kulit with a modern colour palette, in a “old-meets-new” approach on the UltraBOOST DNA,” tulis akun tersebut.

(Merayakan warisan budaya dalam sudut pandang @JAEMYC’s, #UltraBOOST DNA City Pack!)

Baca Juga : https://www.radardepok.com/2021/11/mobil-pusling-jadi-alternatif-bisa-pinjam-lewat-wa/

(Desain sepatu sebagai bentuk penghormatan terhadap Wayang Kulit, yang menjadi bagian penting identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan warna-warna modern, dalam pendekatan “lama-bertemu-baru” pada DNA UltraBOOST)

Unggahan yang telah dilihat lebih dari 43 ribu kali ini, kemudian mendapat respon negatif dari warganet Indonesia. Dalam kolom komentar, mereka menyampaikan protes keras.

Wayang from java not johor baru,” tulis @nov***

Wayang is recognized by UNESCO as the original cultural heritage of INDONESIA, not from other countries. Hopefully we can all equally appreciate the cultural heritage of each country ,” tulis pemilik akun @___ak***.

Shame on u adidas and malaysia,” tulis akun lole. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya