lomba foto ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Dalam setiap perjalanan yang kita lalui selalu memberi sebuah cerita. Perjalanan yang berkesan dan dapat diabadikan, adalah tujuan utama kita melakukan perjalanan. Salah satunya saat melakukan perjalanan darat kita bisa melihat bahwa perkembangan infrastruktur jalan dan jembatan sudah lebih maju dan merata. Indonesia bagian timur seperti di Papua sudah memiliki jembatan bentang panjang yaitu Jembatan Youtefa, serta jalan-jalan perbatasan sudah mampu bersaing dengan negara-negara tetangga. Selain itu, jalur distribusi barang menjadi lebih terukur dengan dibangunnya jalan tol Trans Jawa, Trans Sumatera, dan jaringan jalan tol lainnya. 

Mewujudkan setiap perjalanan darat yang aman, nyaman sampai tujuan dengan selamat, seirama dengan tugas Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga dalam membangun konektivitas antar wilayah dan mewujudkan jalan berkeselamatan. 

Mengabadikan setiap infrastruktur jalan dan jembatan dalam setiap perjalanan kita melalui kamera foto memberi kesan dan pesan tersendiri. Foto dapat membekukan setiap momen pada waktu dan ruang tertentu, sehingga ia dapat memberikan sebuah informasi. Di era yang terus berkembang seperti ini, foto memiliki ruang yang beragam untuk dapat dinikmati khalayak ramai. Diantaranya pada media sosial yang setiap orang miliki dan akses setiap waktu sehingga pemahaman yang lebih dalam kemampuan menginterpretasi dan memberi makna dari suatu informasi yang berbentuk gambar atau visual. 

Menyongsong Hari Jalan yang akan diperingati pada 20 Desember mendatang, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mengadakan  Lomba Foto Bina Marga 2021. Lomba mengusung tema Jalan Berkeselamatan : Aman Nyaman Sampai Tujuan yang berlangsung 8 Oktober – 21 November 2021. Hadiah pemenang pertama adalah drone DJI Mavic Air-2, pemenang kedua mendapatkan kamera Canon EOS M50 Kit, dan pemenang ketiga mendapatkan kamera Fujifilm X-A5. Tidak hanya itu, ada juga pemenang favorit yang diberikan Garmin Venu Sq. Serta 26 voucher belanja masing-masing senilai Rp1 juta untuk finalis. 

Lomba ini gratis dan terbuka untuk umum yaitu warga negara indonesia dengan KTP/ SIM/ Paspor yang masih berlaku. Foto yang dilombakan adalah foto tunggal hasil karya sendiri yang diambil dan belum pernah menang dalam perlombaan lainnya. Selain itu periode pengambilan foto 1 Januari 2019 hingga 21 November 2021.

Penjurian Lomba Foto Bina Marga 2021 akan dilakukan oleh Dita Alangkara (Fotografer Jurnalis), Dion  Wiyoko (Aktor dan Penggiat Fotografi), serta Budi Harimawan Semihardjo (Direktur Jalan Bebas Hambatan Ditjen Bina Marga). Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 29 November 2021 pada akun media sosial instagram @pupr_binamarga.

Ayo segera kirimkan karya foto kamu untuk mengikuti Lomba Foto Bina Marga 2021, dan menangkan hadiah menariknya. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya