sungai tercemar alkohol
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Sungai di Hawaii mendadak mengandung 1,2 persen alkohol. Hal itu disebabkan tercemar minuman keras (miras).

Diberitakan New York Post, hal ini diketaui pertama oleh seorang pejalan kaki. Dia mengendus aroma aneh saat menikmati pemandangan di Pulau Oahu, Hawaii pada bulan lalu.

Dia pun menghubungi seorang aktivis lingkungan setempat yang kemudian mengabari Departemen Kesehatan. Penyelidikan pun dilakukan, badan tersebut menemukan adanya pipa limpasan yang telah mencemari air hingga menjadi alkohol.

“Suatu hari kami datang ke sini, Anda akan mengira bahwa itu adalah pub bir yang tak membuka pintunya selama tiga atau empat hari. Ini mengganggu, ini membuatmu ingin mencabut rambutmu,” ujar aktivis Carrol Cox.

Sampel air itu lalu diuji dan diproses laboratorium independen dan didapati airnya mengandung 1,2 persen alkohol dan 0,04 persen gula.

Baca juga : Lima RW di Mekarjaya Siap Siaga Hadapi Bencana

Departemen Kesehatan kemudian mencermati tumpahan dari pipa milik Departemen Perhubungan yang berdekatan dengan jalan raya. Sementara, pipa tersebut terhubung dengan tumpahan gudang pemasok minuman beralkohol besar di Hawaii, Paradise Beverages.

“Saat ini, kami telah meminta Departemen Perhubungan datang dengan perwakilan mereka dan kami sedang berurusan dengan mereka dan kami juga telah dihubungi oleh Departemen Kesehatan,” kata Direktur Operasi Perusahaan, Anthony Rowe, kepada Hawaii News Now.

“Mungkin itu datang dari kami, jadi itu sebabnya kami berkoordinasi dengan otoritas yang tepat,” kata dia.

Namun, dikutip dari Fox News, penyebab pasti dari pencemaran alkohol tersebut belum ditentukan. Meskipun, diyakini bahwa Paradise Beverage terlibat dalam hal ini. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya