Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Qonita Lutfiyah. FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Meski menyambut baik perihal mengubah aturan penggunaan PCR bagi penumpang pesawat di Jawa-Bali ke swab antigen. Namun, Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Qonita Lutfiyah meminta jangan sampai masyarakat beranggapan penanggungan Covid-19 disisipi unsur bisnis.

“Tentu kami dari PPP menyambut baik aturan penggunaan PCR ke swab antigen,” kata Qonita Lutfiyah kepada Radar Depok, Senin (01/11).

Tetapi, lanjut Qonita Lutfiyah yang juga Anggota Komisi D DPRD Kota Depok ini, segala kebijakan perlu dikaji dengan cermat, dan utamanya memikirkan kepentingan masyarakat.

“Kalau PCR dari aspek harga, meski biayanya sudah diturunkan, tetapi tetap saja memberatkan bagi sebagian masyarakat. Untuk itu, kebijakan perlu kajian yang cermat,” tegas Qonita Lutfiyah.

Jangan sampai, kata Qonita Lutfiyah, kebijakan yang memang muaranya untuk kebaikan dan benar-benar positif dalam menanggulangi pandemi Covid-19, disalahartikan masyarakat.

Sehingga, sambung Qonita Lutfiyah, kebijakan yang dikaji dengan matang tersebut juga perlu disosialisasikan secara rinci kepada masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat suuzdon bahwa kebijakan pemerintah itu pro terhadap pelaku bisnis PCR. Ini tentu tidak kita harapkan bersama,” tegasnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, Qonita Lutfiyah pun mengingatkan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19, dan yang sudah tervaksin pun harus tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Prokes dengan 5M, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir, menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi,” ujar Qonita Lutfiyah.

Qonita Lutfiyah juga meminta agar masyarakat terus mematuhi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tiap daerah, agar pandemi Covid-19 benar-benar hilang di Indonesia dan seluruh sektor dapat pulih.

“Senantiasa ikhtiar dan sebagai makhluk ciptaan Tuhan, sudah seharusnya kita berdoa kepada Allah SWT agar dibebaskan dari pandemi ini,” tutup Qonita Lutfiyah. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah