kendaraan jakarta
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Banyak yang menyebutkan Jakarta adalah provinsi dengan jumlah kendarannya Terbanyak. Karena, DKI Jakarta identik dengan jalanannya yang padat dengan kemacetannya. Namun, itu salah.

Melansir dari data Korlantas.polri.go.id yang diupdate pada 23 November 2021 menyebutkan, kendaraan yang ada di Indonesia mencapai sebanyak 144.858.751 unit banyaknya dari 34 Polda di seluruh Indonesia. Itu mencakup mobil penumpang, bus, mobil angkutan barang, motor, dan kendaraan khusus.

Di bawah naungan Polda Metro Jaya, jumlah kendaraan bermotor yang ada di DKI Jakarta totalnya 21.707.595 unit, yang jika dipresentasikan hampir 15 persen dari kendaraan yang ada di Indonesia.

Namun, jangan salah ada provinsi yang memiliki jumlah kendaraan bermotor lebih banyak dari DKI Jakarta, yakni Jawa Timur (Jatim) tercatat dengan populasi kendaraan bermotor tertinggi di Tanah Air.

Jumlahnya sebanyak 1.152.302 unit lebih banyak dari Jakarta atau tepatnya 22.859.897 unit.

Baca Juga : Selamat, Sawangan Juara Umum MTQ XXII Kota Depok

Dengan jumlah tersebut secara persentase ada sebanyak 15,78 persen kendaraan tercatat di Polda Jatim. Kemudian, ada Jawa Tengah (Jateng) peringkat ketiga dengan jumlah kendaraan 19.054.431 unit. Lalu Jawa Barat (Jabar), menjadi provinsi dengan jumlah kendaraan terbanyak keempat. Dengan total 17.508.970 unit kendaraan bermotor tercatat di Polda Jabar.

Selain dari keempat provinsi di atas, tak ada yang mampu menembus jumlah 10 juta kendaraan.

Biar enggak penasaran, simak berikut daftar lengkap jumlah kendaraan bermotor setiap provinsi di Indonesia. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya