pelebaran jalan di sawangan
TINJAU PEMBANGUNAN : Lurah Sawangan Akhsan Hariri (kiri) bersama Ketua LPM Kelurahan Sawangan Indra Jaya (kanan), sedang meninjau lokasi pembangunan jalan tembus menuju Makam Gede Sawangan, di RT05/11, Kelurahan Sawangan.  FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Warga Kelurahan/Kecamatan Sawangan, sedang membangun jalan tembus menuju Makam Gede Sawangan. Pembuatan jalan tembus ini dilakukan untuk memangkas jarak warga yang hendak berziarah ke makam tersebut.

Ketua LPM Kelurahan Sawangan, Indra Jaya mengatakan, pembangunan jalan tembus ini dibuat di lingkungan RT05/11 sampai lingkungan RT05/02.

“Kita mau buat jalan tembus yang menghubungkan dua wilayah RW, agar bisa mendapatkan akses tercepat menuju Makam Gede Sawangan,” kata Indra Jaya, Kamis (25/11).

Dia mengungkapkan, jalan tembus ini memiliki panjang 1.200 meter dengan lebar tiga meter agar bisa dilalui kendaraan roda dua.

“Awalnya pembuatan jalan ini sudah kita usulkan dalam Musrenbang tahun 2019, akan tetapi pelaksana proyek tidak mau mengerjakan karena lebar jalan awal hanya 80 cm. Akhirnya warga secara sukarela memberikan sebagian lahan mereka sehingga kini jalan sudah memiliki lebar tiga meter,” tuturnya.

Baca Juga : Kelurahan Curug Ciptakan Puluhan Penjahit Baru

Dalam Musrenbang tahun 2019 yang direalisasikan dalam anggaran tahun 2020, lanjut Indra, Pemrintah Kota Depok hanya mengakomodir pembuatan paving block di RT05 /11 sepanjang 96 meter, lalu di RT05/02 sepanjang 102 meter. Jumlah ini tentu tidak sesuai harapan warga, karena jalan yang akan mereka buat sepanjang 1200 meter. Maka itu, warga kembali berswadaya untuk menambah kekurangan pavingblock tersebut.

“Warga RT05/11 meworo – woro melalui musala untuk melakukan swadaya pembangunan jalan, akhirnya kita dapat dana sumbangan warga Rp 50 juta untuk pembangunan jalan ini,” bebernya.

Dia menjelaskan, lantaran pelaksana proyek tidak mau mengerjakan pembangunan jalan, akhirnya mereka juga secara bergotong royong melakukan pelebaran jalan dan pengerukan. Hingga akhirnya kerangka jalan saat ini sudah terbentuk dan siap untuk dipaving.

“Kita keruk tanah sendiri dari 80 cm jadi tiga meter, dengan dibantu alat berat spider dari Pemerintah Kota Depok. Sekarang jalanya udah terbentuk, cuma masih berupa tanah, belom ada pavingnya,” tukasnya.

Terpisah, Lurah Sawangan, Akhsan Hariri mengapresiasi keguyuban warga Sawangan dalam membuka jalan tembus ini. Menurutnya, membuka lahan untuk jalan bukan lah perkara mudah, karena ada lahan yang harus direlakan untuk jalan, akan tetapi hal itu terasa mudah berkat sinergi LPM Sawangan dan masyarakat di RT05/11 sehingga jalan yang hanya 80 cm bisa disulap menjadi 3 meter.

“Saya berharap kerjasama dan keguyuban warga RT05/11 ini bisa ditiru wilayah lainya,” pungkasnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya