SDIT Al-Haraki Tasmi Alquran
BERPRESTASI: Para siswa SDIT Al-Haraki Kota Depok yang mengikuti Tasmi’ Alquran berfoto bersama Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono (tengah) dan perwakilan guru. FOTO: SDIT AL-HARAKI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 15 siswa SDIT Al-Haraki mengikuti gelaran Tasmi’ Alquran Juz 26, 27, 28, 29, dan 30, pada Sabtu (27/11). Giat dihadirkan guna mengapresiasi para siswa yang sudah hafal Alquran di Juz tersebut.

Humas SDIT Al-Haraki, Siti Muchlisoh menuturkan, sekolah mempunyai keunggulan dalam program Alqurannya, dengan kelulusan target hafal 3 Juz.

“Kebetulan kami memiliki siswa-siswi yang melampaui target hafalan tersebut, bahkan sampai lima Juz. Hal ini juga sebagai persembahan Milad Al-Haraki Ke-19 pada 30 November, kami ingin memberikan hadiah kepada SIT Al-Haraki Tasmi’ Alquran dari siswa-siswi,” ungkap Muchlisoh kepada Radar Depok.

Tasmi’ merupakan kegiatan menyimak hafalan Alquran para siswa dari Juz yang sudah mereka hafal. Ada 15 orang siswa yang dihadirkan untuk tampil, dan disimak hafalannya sesuai Juz yang sudah dikuasai.

“Kemudian disambung Munaqasahnya atau tanya jawab (dites) oleh audien yang ada, kemudian sambung ayat dan lain-lain,” ujarnya.

Tasmi’ Alquran di SDIT Al-Haraki dihadiri juga oleh Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, yang memberikan apresiasi serta motivasi.

“Tasmi’ oleh Ananda Abrar di Juz 26, kemudian munaqasah semua siswa yang hadir. Yang menguji ada dari guru, orang tua (online dari zoom dan offline dari studio), kemudian dari panitia, serta tamu undangan,” terang Muchlisoh.

Ia berharap, kegiatan Tasmi’ Alquran dapat menginspirasi sekolah-sekolah dan siswa lainnya.

Senada, Kepala SDIT Al-Haraki, Hidayat mengatakan, salah satu program unggulan di SDIT Al-Haraki ini ada Tahsin dan Tahfidz Alquran.

Program tersebut yang paling utama bagi sekolah, adalah bagaimana menanamkan kepada para siswa itu pembiasaan membaca dan menghafal Alquran sejak dini agar dekat dengan Alquran.

“Target sekolah yaitu siswa bisa menghafal 3 Juz Alquran (28, 29, dan 30). Namun, Alhamdulillah ada beberapa siswa yang ternyata melampaui target yang sudah kami tentukan, ada yang sampai hafal lima juz. Maka diadakan Tasmi” Alquran, yaitu khusus bagi siswa yang melampaui hafalannya sesuai target sekolah,” terang Hidayat.

Selain itu, tujuan Tasmi’ untuk mendongkrak dan memberikan motivasi kepada para siswa, agar mereka lebih bersemangat lagi dalam membaca dan menghafal Alquran.

Kemudian memberikan apresiasi dan penghargaan kepada siswa yang mampu menghafal Alquran melampaui target tersebut.

“Ini juga serta sebagai rasa syukur atas keberhasilan siswa dalam membaca dan menghafal Alquran,” tutur Hidayat.

Pada kegiatan tersebut Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan buku biografinya kepada siswa yang terbanyak hafalan Alquran, kepada perwakilan orang tua, dan pihak sekolah.

Diketahui, siswa SDIT Al- Haraki yang mengikuti Tasmi’ Alquran, yaitu Erlangga Athalla Dinata (Level 1 Shafa), Fitriana Aqila Himmatul Hasanah (Level 1 Raudhoh), Aisya Farhana Zhafira (Level 2 Mekkah).

Hagia Sophia Islami Faisal (Level 2 Mekkah), Danya Callysta Wirawan (Level 2 Madinah), Amri Rahman (Level 2 Madinah), Muhammad Lidah Ramadhan (Level 2 Madinah), Kayyisa Queenshakila Ichsan (Level 2 Madinah), Nafiza Fathina Prayogo (Level 2 Madinah), Adzra Nindya Kartika (Level 2 Madinah).

Kemudian Khansa Afiqah Rizqillah (Level 4 Multazam), Rafif Farra Mahardika (Level 4 Multazam), Dewi Kirana Maheswari (Level 6 Qiblatain), Seph Naima Ayrhannia Siregar (Level 6 Quds), dan Muhammad Hafizh Abrar (6 Quba).  (gun/**)