sosialisasi
DISULUH : Tenaga Kesehatan Puskesmas Pasput, dr Anggi sedang memaparkan masalah sanitasi di Kelurahan Pasput. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK – Puskesmas Pasir Putih (Pasput) sedang mengupayakan perbaikan sanitasi kepada beberapa rumah warga. Fokut tersebut, lantaran banyak warga yang belum memiliki septictank di rumahnya.

Tenaga Kesehatan Puskesmas Pasput, dr Anggi mengatakan, di Pasput masih ada 211 rumah yang belum memiliki septictank. Maka dari itu, dia meminta ketua lingkungan di Pasput dapat mengajukan pengadaan septictank untuk ratusan warga itu dalam Musrenbang tahun 2022.

“Kondisi ini tentunya sangat memperihatinkan karena di Kota Depok ini masih ada warga yang belum memiliki septictank,” ucapnya kepada Harian Radar Depok, Jumat (3/12).

Dia meminta, agar Aparatur Kelurahan Pasput juga bisa membantu mendorong usulan warga ini agar bisa direalisasikan dalam waktu dekat. “Walau tidak bisa sekaligus, minimal pembuatan septictank ini bisa dilakukan secara bertahap,” tuturnya.

Dia menjelaskan, dampak tidak tersedianya septictank yang air kotornya dibuang ke koya, maka airnya akan menimbulkan bacteri ecoli. “Itu tanpa kita sadari. Sekarang bagaimana kita membuat langkah agar rumah yang belum mempunyai septic tank nantinya menjadi punya,” katanya.

Sementara itu, Kasi Pembangunan Kelurahan Pasput, Komarudin membenarkan, masih banyaknya rumah yang belum memiliki septictank. “Ya masih banyak. Jumlahnya ratusan belum memiliki septictank,” ujarnya.

Data itu,  terungkap dalam Penyuluhan STBM yang baru saja diselenggarakan. “Atas permasalahan ini, nantinya akan kita ajukan ke Musrenbang tingkat kelurahan,” pungkasnya.(dra/rd)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar 

Editor : Fahmi Akbar