kursus menjahit melati
PELATIHAN : Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Satelit Depok menggandeng Kursus Menjahit Melati dalam program pelatihan untuk warga Kota Depok dan sekitarnya, Selasa (07/12). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Satelit Depok menggandeng Kursus Menjahit Melati dalam program pelatihan untuk warga Kota Depok dan sekitarnya.

Kepala Kursus Menjahit Melati, Efril Fouriadina mengatakan, dalam kegiatan tersebut ada 11 orang yang ikut serta. Mereka akan menjalani pelatihan menjahit selama tiga bulan, terhitung dari 1 Desember 2021 – 22 Februari 2022.

“Ini adalah proses pelatihan yang panjang, selama tiga bulan 11 orang dari Kota Depok dan sekitarnya akan mendapatkan berbagai materi praktik,” ucapnya kepada Radar Depok.

Efril menjelaskan, materi  yang diberikan tentunya disesuaikan dengan tingkat kesulitannya. Pertama membuat gamis, lalu membuat blus, rok, celana panjang, dan terakhir kemeja.

“Semoga dengan adanya pelatihan yang diisi dengan berbagai materi, pesertanya bisa memiliki banyak ketrampilan dalam dunia menjahit,” terangnya.

Ditempat yang sama, Manajer Program Reguler Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Satelit Depok, Zainudin menuturkan, sesuai dengan fokusnya sejak didirikan tahun 2016 pihaknya ingin memberikan pelatihan ketrampilan kepada masyarakat

Meski sempat tertunda karena pandemi virus Korona (Covid-19), kini pihaknya bisa lagi mengadakan pelatihan ketrampilan untuk masyarakat.

“Ada tiga materi pelatihan yang digelar, yakni pangkas rambut, menjahit, dan barista,” tuturnya.

Zainudin menjelaskan, pelatihan-pelatihan yang digelar pihaknya tentu disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Dimana, beberapa waktu sebelumnya, Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Satelit Depok menggelar pelatihan teknisi handphone, desain grafis, teknisi motor, dan beberapa pelatihan lainnya.

“Kami ingin menciptakan masyarakat yang mandiri dengan memiliki usaha dari ketrampilan yang mereka miliki,” jelasnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya