pemandu karaoke
Ilustrasi
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menerbitkan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) bidang kecantikan, spa, dan pemandu karaoke. 

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah butuh tenaga kerja yang memiliki kompetensi di berbagai bidang, termasuk di bidang kecantikan, spa, dan pemandu karaoke.

“Kami ingin membangun SDM atau tenaga kerja kompeten bidang pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk bidang kecantikan, spa, dan pemandu karaoke yang mampu berkompetisi secara global,” ungkap Ida.

Menurut Ida, kompetensi di bidang kecantikan dan spa cukup beragam di Indonesia, karena memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh negara lain. Sebagai contoh, keragaman rias pengantin di Batak akan berbeda dengan Jawa atau Bali.

Baca Juga  70 Ribu Pekerja Dukung Pradi-Afifah

“Hal ini merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata,” terang Ida.

Baca Juga : Mangkir Vonis, Eks Komisioner KPU Depok Dijemput Jaksa

Lebih lanjut Ida mengatakan, SKKNI ini termasuk pada pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja (soft skill) di setiap bidang pekerjaan yang ada.

“Termasuk di sektor pariwisata khususnya di bidang kecantikan, spa, dan pemandu karaoke yang memiliki kompetensi spesifik untuk masing-masing pekerjaan,” jelas Ida.

Selain itu, Ida berharap, SKKNI dapat dijadikan sebagai sertifikasi bagi tenaga kerja yang kompeten. Sertifikat itu bisa menjadi jaminan bagi pengguna jasa bahwa mereka mendapatkan pelayanan dari tenaga kerja yang kompeten. (rd/net)

 

Baca Juga  Gelar Vaksinasi Massal, Diamondland Group Kejar Herd Immunity

Editor : Pebri Mulya