fogging kalibaru
BABAT DBD : Warga Kalibaru selepas melakukan fogging untuk menghindari DBD. ist

Masyarakat Kota Depok, masih mewaspadai bahaya kemunculan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Maka dari itu, banyak warga yang melakukan fogging atau pengasapan nyamuk.

Laporan : Ivanna Yustiani

RADARDEPOK.COM, Mengantisipasi musim pancaroba yang rentan akan penyakit Demam Berdarah Dengeu (DBD), Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kalimulya melakukan fogging ke lingkungan masyarakat di RW11, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong.

Fogging diyakini hingga kini masih menjadi solusi dalam memberantas perkembangbiakan nyamuk. Maka dari itu, warga di sana rutin melakukannya.

“Kegiatan ini dilakukan sebulan sekali, bahkan jika memang warga memerlukan fogging kami akan segera melakukannya,” ujar Lurah Kalibaru, Indra Cahyadi.

Dengan begitu, Kelurahan serta kader mengajak warga untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta melakukan pencegahan DBD dengan menguras, menutup dan mengubur. “Menjaga kebersihan penting sehingga nyamuk tidak bisa berkembang biak,” ucapnya.

Pengurus lingkungan beberapa kali juga pernah mensosialisasikan kepada warga setempat agar senantiasa melakukan gerakan 1 rumah 1 pemantau jentik (G1R1J)

“Untuk mencegah DBD para Kader juga rutin melakukan cek jumantik secara berkala,” tutup Indra. (*)

Editor : Junior Williandro