natalan pohon
SAMBUT NATAL : Warga Jalan Belimbing RT2/RW1, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas saat mendekorasikan pohon terang dalam rangka menyambut hari kelahiran Yesus Kristus. FOTO : GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Menyambut hari raya Natal. Anak Belimbing (AB) atau warga Jalan Belimbing RT2/RW1, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas menjalani rutinitas membuat pohon terang setinggi empat meter. Kreasi tersebut disembahkan saban tahunnya.

“Sebenarnya kita melakukan hal ini sudah tradisi, tidak hanya Natal aja, Ramadhan kita juga buat,” kata pembuat pohon terang tersebut, Yohanis Souissa kepada Harian Radar Depok, Jumat (3/12).

Menurut Anis, konsep yang dibuatnya pada Natal tahun ini tidak begitu berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini, dia sengaja memadukan warga biru dan putih pada dekorasinya. “Kalau warna biru itu waktu malam menjadi bagus cahayanya. Nanti, disekitaran pohon terang akan dibuat pagar, meja dan kursi berwarna putih,” ungkapnya.

Dia membeberkan, proses pengerjaan pohon terang tersebut sudah hampir selesai. Tahapnya, telah sampai pada proses penyelesaian atau finishing. “Tinggal finishing aja,” sebut Anis.

Lebih dalam, Anis mengungkapkan, pada proses pembuatannya, tidak hanya warga beragama Kristen saja yang terlibat. Melainkan, dari umat beragama Islam yang juga turut mengambil peran. “Kita disini mengutamakan toleransi dan ini sudah lama kami jaga,” jelasnya.

Bahkan, kata dia, warga pendatang yang baru tinggal di wilayah tersebut cukup antusias dalam pembuatan pohon terang yang melambangkan kelahiran Yesus Kristus. “Mereka antusias ya, banyak yang menyumbang dan patungan ini pembuatan pohon terang ini,” tutup Anis. (cr1/rd)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Fahmi Akbar