JAGA KEBERSIHAN : Anggota Linmas Kelurahan Pasput sedang membersihkan sampah dan rumput yang ada di halaman Kantor Kelurahan Pasput. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

Anggota Linmas Kelurahan Pasir Putih (Pasput), Kecamatan Sawangan, melakukan aksi bersih di halaman kelurahan setempat. Selain berfungsi sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, mereka juga punya peran untuk menjaga kebersihan lingkungan kerja mereka.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Sekelompok anggota Linmas Keluraha Pasput, melaksanakan aksi bersih – bersih halaman Kantor Kelurahan Pasput.

“Kami mengajak anggota Linmas untuk menghidupkan kembali kegiatan bersih-bersih, karena sekarang ini musim hujan khawatir jika tidak bersih banyak muncul penyakit,” kata Kasi Pemerintahan Kelurahan Pasput, Komarudin.

Pada musim hujan yang sedang tinggi-tingginya ini, masyarakat harus memperhatikan kebersihan di lingkungan rumah masing-masing, seperti membersihkan saluran air, wadah penampunghan air harus dikuras agar tidak terjadi jentik nyamuk penyabab Demam Berdarah Dengue (DBD), kemudian saluran air harus bersih dari sampah sehingga tidak terjadi genangan air yang bisa menimbulkan banjir.

“Ini kita ingin memberi contoh ke masyarakat, jika kebersihan lingkugan itu penting. Kami berharap masyarakat bisa melakukan hal yang sama di lingkungan masing-masing,” tuturnya.

Di lokasi yang sama, salah satu anggota Linmas Kelurahan Pasput, Marhatib mengatakan, keberadaan Linmas di Kelurahan Pasir Putih sudah dua bulan terakhir kembali aktif setelah sebelumnya mengalami kevakuman.

Mengenai jumlah anggota Linmas sekarang ini sebanyak 10 personel dan sudah mendapatkan arahan dari Kepala Seksi Pemerintahan dan Tramtib Kelurahan Pasir Putih.

“Linmas itu, selain membantu meringankan warga terdampak bencana seperti banjir, melakukan kerjabakti seperti yang dilakukan dengan anggota TNI, termasuk menjaga keamanan dan ketertiban supaya lingkungan di wilayah Pasir Putih menjadi aman,” tutupnya. (*)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah