SALURKAN BANTUAN : Bantuan yang diserahkan Aspera Indonesia dan PPAI untuk korban terdampak erupsi Semeru di Lumajang, Jawa Timur. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK,COM, KEMIRIMUKA – Aktivis Peduli Rakyat (Aspera) Indonesia di Gang Kedondong, RT05/05 Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, mengirimkan anggota gelombang kedua untuk membantu warga korban bencana Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur.

Ketua Umum Aspera Indonesia, Arif Afifullah mengatakan, selain mengirimkan anggota, mereka juga mengirimkan bantuan logistik ke beberapa titik pengungsian warga korban erupsi Gunung  Semeru.

“Kami juga bekerjasama dengan lintas komunitas se-Indonesia dalam mengirimkan  bantauan ini,” Kata Arif, Minggu (19/12).

Insert: Ketua Aspera Indonesia, Arif Afifullah sedang menyerahkan bantuan kepada salah satu warga korban terdampak erupsi Semeru. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

Dia mengungkapkan, sejak awal bencana mereka sudah mengirimkan bantuan untuk warga di sana, salah satunya dengan mendirikan posko pengungsian dan dapur umum. Keberadaan posko dan dapur umum ini akan dibuka sampai situasi dinyatakan aman.

“Sejak ditingkatkannya status erupsi dari level 2 ke level  3, kami bersama PPAI menginisasi pendirian posko dan dapur umum,” tuturnya.

Dia menjelaskan dalam pantauan tim di lokasi bencana, ada salah satu desa yang paling terdampak dan paling parah kondisinya, desa itu adalah Supiturang di Kecamatan Pronojiwo. Di sana puluhan rumah hancur, hasil perkebunan gagal panen dan seluruh warga di desa tersebut terpaksa mengungsi.

“Berkaca dari permasalahan di sana, kami pada gelombang kedua mengirimkan bantuan logistik, terutama kebutuhan alat dapur, alat tidur, dan menyediakan satu unit ambulance,” bebernya.

Dia menyebutkan, Aspera Indonesia memiliki beberapa unit ambulance yang tergabung dalam wadah Persaudaraan Pengembudi Ambulance Indonesia (PPAI).

“Total kita punya tiga unit ambulance, dua di antaranya di Aspera Tengerang Raya, satu di di Aspera Bogor Raya,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua PPAI Zulhardi mengatakan, pihaknya merasa tergerak untuk ikut membantu meringankan beban warga korban bencana erupsi Gunung  Semeru. Maka dari itu, pihaknya bersama Aspera Indonesia turun langsung memberikan bantuan kepada korban di sana.

“Rasa kemanusiaan dan persaudaraan kami tergerak untuk membantu warga korban erupsi Semeru,” ucapnya.

Dia menambahkan, selain mengirimkan bantuan ambulance, mereka juga mengadakan konser amal di Pekan Baru, Riau. Uang hasil penjualan tiket konser tersebut disalurkan sepenuhnya untuk membeli kebutuhan pokok untuk dikirimkan ke pengungsian.

“Kita bahu membahu dalam menggalang donasi, membantu saudara kami yang terdampak,semoga Allah SWT selalu melindungi saudar  kami yang ada di Lumajang dan sekitarnya,” tutupnya. (dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah