PENGUNJUNG: Situ Tujuh Muara, Kelurahan Bojongsari, kerap menjadi destinasi wisata warga sekitar untuk melepas penat. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

ADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Konsep Kawasan Agro Wisata di daerah Bumi Aji , Kota Malang, Jawa Timur akan diadopsi di Kecamatan Bojongsari. Ide ini muncul sejalan dengan rencana Camat Bojongasari Dede Hidayat yang ingin menjadikan wilayah tersebut menjadi kawasan agro wisata.

Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Bojongsari, Jaelani mengatakn, belum lama ini melakukan studi banding ke Bumi Aji, melihat kawasan agro wisata di sana yang menonjolkan potensi industri rumahan di tiap kelurahan.

“Seperti di daerah Bumi Aji, Malang, merupakan kawasan agro wisata yang banyak dikunjungi turis, karena di sana dikenal, seperti buah apel yang dibuat berbagai jenis makanan dan minuman , kemudian manajemennya dibina Bupati, kecamatan hingga kelurahan. Ini lah yang mau coba kita terapkan di Bojongsari” katanya, Jumat (17/12).

Dia mengungkapkan, rencana tersebut bukan sebuah hal yang mustahil untuk menjadikan Bojongsari sebagai daerah agro wisata. Mengingat, di Kecamatan Bojongsari banyak potensi yang bisa dijual ke masyarakat luas, mulai dari industri kuliner dan wisata alam di Situ Tujuh Muara.

“Kecamatan ini memiliki kelurahan yang mempunyai potensi mulai dari produk minuman, makanan, hingga tanaman dan ikan hias yang sudah cukup dikenal luas,” bebernya.

Dia mencontohkan, di Kelurahan Bojongsari ada Situ Tujuh Muara yang terkenal akan keindahan alamnya, lalu di Kelurahan Pondok Petir dikenal sebagai kawasan home industri kuliner, dan di Kelurhan Curug dikenal sebagai penghasil tanaman hias dan ikan hias, lalu di Kelurahan Duren Seribu ada kampung budaya.

“Untuk dapat menjadikan Kecamatan Bojognsari sebagai agro wisata layaknya Bumi Aji, tentu perlu campur tangan dari Pemerintah Kota Depok,” terangnya.

Dia berharap, rencana ini mendapat sambutan baik dari Pemerintah Kota Depok, lewat dukungan moril dan materil, agar kelak agro wisata Kecamatan Bojongsari ini, menjadi daya tarik masyarakat luar untuk berkunjung ke Depok.

“Kami berharap Pemerintah Kota Depok mau mendukung terealisasinya rencana kami ini,” tutupnya. (dra)

Editor : Ricky Juliansyah