minyak bumi pulau seribu
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Di Lapangan Krisna, Kepulauan Seribu, Jakarta, Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) yang merupakan anak usaha dari PT Pertamina Hulu Energi, menemukan cadangan baru minyak bumi.

Pertamina memperkirakan cadangan minyak di Kepulauan Seribu mencapai 20 juta barel dan bisa diproduksi sebanyak 2.000 barel per hari.

Direktur Utama Pertamina Hulu Energi, Budiman Parhusip mengatakan, penemuan cadangan baru itu hasil dari kegiatan eksplorasi permukaan yang ada di Blok OSES.

“Kami ada exploration finding di Lapangan Krisna, yaitu interfield yang ada di OSES,” kata Budiman, Selasa (30/11).

Pertamina saat ini sedang menghitung data-data dari temuan tersebut. Selanjutnya, Pertamina akan membangun fasilitas untuk menambah cadangan dan produksi minyak.

Baca Juga : Hindari Lonjakan Kasus Setelah Nataru, Masyarakat Diimbau Tunda Liburan

Budiman berharap, produksi minyak di Kepulauan Seribu ini bisa membantu tercapainya target produksi minyak nasional, sebesar 1 juta barel per hari dan 12 miliar standar kaki kubik per hari pada 2030.

PHE mulai mengelola Blok OSES pada 2018, setelah mengambil alih blok tersebut dari perusahaan asal China bernama CNOOC SES Ltd.

Saat ini, Pertamina terus meningkatkan eksplorasi hulu migas melalui beragam teknologi anyar, seperti teknologi unmanned aerial vehicle (UAV) menggunakan pesawat terbang tanpa awak hingga teknologi kebumian vibroseis di area subvulkanik. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya