minat baca depok meningkat
EDUKASI : Finalis Duta Baca Jawa Barat, Sativa Trimaraeni bersama anak-anak tengah asik membaca buku, di Taman Merdeka, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya beberapa waktu lalu. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok mengumumkan minat baca dan gemar baca masyarakat Kota Depok terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dari 2020 ke 2021 saja, terjadi lonjakan 1,82 poin untuk minat baca, dan 1,34 poin pada gemar baca.

Kabid Perpustakaan, Diskarpus Kota Depok, Catur Tri Astuti mengatakan, setiap tahun kegiatan survei minat baca diselenggarakan berdasarkan perencanaan strategis (Renstra) bidang perpustakaan. Riset data tersebut diselenggarakan mulai tanggal 4 sampai akhir November 2021.

“Kami telah melakukan survei minat baca, dengan responden dari sekolah, masyarakat umum, serta ASN. Memang pada tahun ini terjadi peningkatan minat dan gemar membaca,” ujarnya, Kamis (09/12).

Catur merinci, pada 2020 minat baca masyarakat Kota Depok sebesar 66,37 poin. Kemudian 2021 minat bacanya meningkat menjadi 68,18 poin. Artinya, terjadi peningkatan sebesar 1,82 poin.

“Tingkat kegemaran membaca di Kota Depok mencapai hasil 58,57 poin dan berada pada kategori sedang. Sedang itu range 40,1-60 poin dibilang kategori sedang, naik sebesar 1,34 poin dibandingkan 2020 dengan skor nilai 57,23,” tuturnya.

Baca Juga : Kabar Baik, Usia 12 Tahun ke Atas Diperbolehkan Umrah

Menurut data, bahan bacaan yang diminati masyarakat Kota Depok pada 2021 adalah sastra seperti novel, cerpen, dan lain-lain dengan persentase 53,5 persen. Sementara, pada posisi kedua dan ketiga yakni buku agama 32,3 persen dan kesenian 31,5 persen.

“Kebanyakan fiksi seperti novel. Kalau pengetahuan umum kita banyak cuma kurang diminati mungkin membaca novel itu lebih menarik, karena tentang kehidupan seseorang ataupun ada di masyarakat yang tertuang di novel itu,” tukasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya