luaran PPKM 1

MAHASISWA Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarkat (PMKM) di Yayasan Domyadhu (Dompet Yatim Dhu’afa), Jl. Meruyung Raya No.28 Rangkapan Jaya Baru Pancoranmas, Kota Depok pada Sabtu (27/11/2021)

Kegiatan P(M)KM tersebut mengangkat judul “Pemanfaatan Barang Bekas Dengan Mendaur Ulang Koran Untuk Dijadikan Hiasan Dinding yang Memiliki Fungsi dan Nilai Jual” Kegiatan P(M)KM ini didampingi oleh Bapak. Eka Rima Prasetya M.pd. selaku dosen pembimbing kami.

Kita semua sudah tahu bahwa seiring berkembangnya teknologi kegiatan untuk membaca surat kabar berita atau informasi melalui koran sudah tidak terlalu diminati masyarakat. Koran yang sudah tidak terpakai atau bekas sering berjalannya waktu nantinya tidak lagi memiliki nilai fungsi dan  ditelantarkan begitu saja oleh pemakainya. Hal tersebut membuat koran menjadi sampah limbah yang sudah tidak lagi memiliki masa manfaatnya, selain itu koran yang sudah tidak terpakai akan membuat lingkungan sekitar menjadi sempit. Ditambah lagi dengan bau koran yang semakin hari akan semakin menyengat dan menganggu indera penciuman yang nantinya akan membuat masyarakat sekitar kurang nyaman. Lantas apa yang sebaiknya harus kita lakukan?

Mengetahui permasalah tersebut, hal ini menjadi fokus utama kami selaku mahasiswa Universitas Pamulang untuk mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PMKM) guna untuk memberi pengetahuan kepada anak – anak dari Yayasan Domyadhu mengenai bagaimana cara mengelola koran bekas untuk dijadikan hiasan dinding yang nantinya memiliki fungsi dan nilai jual. Hal tersebut dilakukan bukan sekadar mengurangi sampah limbah semata, namun juga dapat menambah penghasilan pada masa pandemi ini.

Sasaran P(M)KM yang kami pilih yaitu anak-anak, sebab mereka memerlukan edukasi untuk menambah pengetahuan, inovasi, dan kreasi yang nantinya bisa berguna di masa depan. Dengan itu kami selaku mahasiswa Universitas Pamulang ingin menumbuhkan rasa kreativitasan anak-anak terhadap hal kecil melalui kerajinan koran bekas ini. Sekaligus bisa membantu mengurangi masalah sampah di lingkungan sekitar dan diharapkan bisa untuk menambah pemasukan yang disebabkan oleh dampak pandemi Covid – 19 ini dengan cara membuat kerajinan dari koran bekas yang memiliki nilai jual.

Ditempat yang sama, Dewi Rahayu selaku Ketua Pelaksana kegiatan P(M)KM menyampaikan  rasa Terima kasih nya kepada Ketua Yayasan Domyadhu Bapak Supriyono beserta jajarannya, yang telah bersedia memberikan tempat dan waktunya untuk kami melaksanakan kegiatan P(M)KM dengan cara memberikan materi dan praktik yang bisa mengedukasi anak-anak dari Yayasan Domyadhu depok. Kami berharap kedepannya dapat tetap menjalin menjalin kerjasama dan silaturahmi yang baik antara kami dengan anak – anak dari Domyadhu depok.

Kami ucapakan Terima kasih kepada dosen pembimbing kami yaitu Bapak Eka Rima Prasetya M.pd yang telah bersedia memberikan bimbingan kepada kami guna untuk mengsukseskan kegiatan P(M)KM yang kami laksanakan. Tidak lupa juga kami mengucapkan Terima kasih kepada anak-anak tercinta dari Yayasan Domyadhu yang sangat kooperatif dan  membantu kesuksesan kegiatan P(M)KM ini. (*)

 

Editor : Pebri Mulya