gerakan anak negeri
PERIKSA : Relawan Gerakan Anak Negeri sedang memeriksa kesehatan warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Candipuro, Lumajang. ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Relawan Semeru dari Gerakan Anak Negeri (GAN) tak hanya membuka posko kesehatan di satu titik. Mereka juga berkeliling kampung melayani warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan.  Di hari kedua setibanya di Lumajang, Rabu (8/12), tim relawan bergerak ke Kampung Baru RT3/10, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang.

Tim sengaja memilih bergerak menyambangi warga karena saat siang hari mereka biasanya balik ke rumahnya. Sementara pada malam hari, mereka kembali ke pengungsian.  Tim kesehatan mobile ini dipimpin dr Budi Suarman. Ia menjaring tokoh-tokoh masyarakat hingga ketua RT/RW untuk mengajak warga memeriksakan kesehatannya.

Selain dr Budi, tim juga dilengkapi perawat dan ahli pijat khas cimande.  Langkah ini terbukti cukup ampuh. Tak kurang dari 69 warga memeriksakan kesehatannya saat tim medis membuka pelayanan di rumah warga. “Rata-rata pegal-pegal, sakit pinggang karena rata-rata pekerja berat. Kita juga beri obat sesuai keluhannya,” ujar dr Budi.

Pria yang sehari-hari bertugas sebagai kepala Puskesmas Ciampea, Kabupaten Bogor ini melanjutkan, pelayanan kesehatan mobile ini akan terus dilakukan. Sudah ada beberapa titik perkampungan yang siap didatangi dalam beberapa hari ke depan. “Alhamdulillah banyak yang memeriksakan diri. Besok juga kita berkeliling terus, sudah ada beberapa titik yang siap dikunjungi,” ungkapnya.

Selain pelayanan medis, banyak juga warga yang ingin merasakan pijat khas Cimande. Dari 69 warga yang memeriksakan diri, 20 di antaranya dipijat oleh ahli urut Cimande yang ikut dalam relawan Gerakan Anak Negeri ini. (fin/rd)

Editor : Fahmi Akbar