kasat lantas
Kasat Lantas Polrestro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra

RADARDEPOK.COM – Jika tak ada aral melintang. Hari ini ganjil genap (Gage) di ruas Jalan Margonda Raya direalisasikan. Jalan Margonda sampai ujung Flyover Universitas Indonesia (UI) menjadi titik fokus penerapan tersebut. Pengendara juga mesti tau, penyekatan mulai pukul 10:00-18:00 WIB.

Kasat Lantas Polres Metro (Polrestro) Depok, Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, ganjil genap akan diujicoba di kedua ruas Jalan Margonda Raya, baik dari arah Depok – Jakarta, maupun sebaliknya. “Gage akan diujicoba pada Sabtu 4 Desember 2021,” kata Kompol Jhoni kepada Harian Radar Depok, Jumat (3/12).

Dia mengungkapkan, penerapan Gage dimulai dari ujung Jalan Margonda Raya hingga ke kolong Flyover UI. “Pelaksanaan mulai pukul 10:00 – 18:00 WIB,” tuturnya.

Pelaksanaan gage ini sudah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kota Depok dan Perangkat Daerah (PD) terkait. “Kita sudah koordinasi dengan instansi terkait, bahkan sudah mendapatkan dukungan dari Walikota Depok,” terangnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan jika penerapan gage ini merupakan upaya mereka dalam mengurai kemacetan di ruas Jalan Margonda Raya, terutama saat akhir pekan. “Kita telah melihat dan menghitung pad 20 – 21 November 2021, jumlah kendaraan yang melintas di Margonda dari pukul 12:00 -18:00 WIB mencapai puluhan ribu kendaraan. Sabtu 57 ribu kendaraan, Minggu 50 ribu kendaraan,” sebutnya.

Menurutnya, dengan ruas Jalan Margonda Raya yang terbilang kecil dengan beban lalulintas kendaraan yang begitu besar. Progam gage ini menjadi salah satu solusi yang relevan untuk mengurai kepadatan lalulintas. “Kami beruya mencegah kemacetan teeutama saat akhir pekan,” terangnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan gage ini masih bersifat sosialisasi, sehingga tidak ada sanksi yang diterapkan. Adapun kendaraan yang menjadi sasaran dari program ini adalah kendaraan roda empat. Akan tetapi khusus untuk kendaraan yang mempunyai prioritas utama seperti ambulance dan mobil pemadam kebakaran tidak terkena program ini. “Motor gak kena gage,  grab dan online lainya gak kena gage,” ucapnya.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan sosialisasi gage pada Sabtu 4 Desember ini, pihaknya akan dibantu satuan dari TNI dan Satpol PP serta Dishub Kota Depok. “Pelaksanaan Gage ini akan mengerahkan ratusan personel gabungan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Eko Herwiyanto  menyatakan, siap mendukung penerapan uji coba ganjil-genap (Gage) pada Sabtu dan Minggu, 4-5 Desember 2021 di Jalan Margonda Raya, Kota Depok mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB. Menurutnya, dukungan ditunjukkan dengan masif-nya sosialisasi dengan pemasangan rambu serta banner imbauan tertulis di beberapa tempat yang sudah dilakukan Dishub.

“Uji coba gage  merupakan hasil kolaborasi Pemerintah Kota (Pemkot) dengan Polres Metro Depok. Ini juga kebijakan dari bagian manajemen lalu lintas agar mengurai kepadatan kendaraan pada akhir pekan di Margonda Raya,” ucap Eko.

Eko menjelaskan, dukungan kepada uji coba juga merupakan arahan pimpinan. Maka dari itu, Dishub akan mendukung dari sisi sosialisasi serta pengerahan petugas pada saat uji coba dilaksanakan.

Lebih lanjut, ujar dia, Dishub telah memasang banner informasi, misalnya di Jalan Juanda Kelurahan Kemiri Muka, Jalan Margonda Raya dan titik strategis lainnya. Ditambah dengan puluhan petugas yang akan disiagakan dalam uji coba gage.

“Saya rasa masyarakat juga merasakan bagaimana padatnya Jalan Margonda saat akhir pekan. Besar harapan saya agar masyarakat bisa mendukung penerapan uji coba gage ini sambil melihat bagaimana nanti efektivitasnya,” tandas Eko.(dra/rd)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Fahmi Akbar