SALAT : Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono saat menyolatkan jenazah almarhum Mang Oded di Bandung, Jumat (10/12). FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Meninggalnya Walikota Bandung, Oded M Danial dalam usia 59 tahun di Masjid Raya Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Jumat (10/12) siang secara tiba-tiba menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan kerabatnya, tak terkecuali Wakil Walikota (Wawali) Depok, Imam Budi Hartono.

Mang Oded -sapaan karib Oded M Daniel- meninggal dunia saat hendak naik mimbar sebagai khatib salat Jumat. Imam Budi Hartono mengatakan, Mang Oded tutup usia dalam keadaan syahid di hari baik. Ia berdoa semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan kesabaran.

“Beliau wafat sedang keadaan salat sunnah sebelum menjadi khotib Jumat, semua orang pasti iri cerita tentang cerita itu, dan husnul khotimah insha Allah,” tutur Imam Budi Hartono kepada Radar Depok, Jumat (10/12).

Mengetahui kabar meninggalnya Mang Odet, Imam Budi Hartono pun langsung menuju ke Bandung. Bahkan, sempat menyolatkan jenazah Mang Odet.

“Alhamdulillah sempat salat jenazah almarhum Mang Oded,” ucapnya.

Imam Budi Hartono yang juga Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Depok ini mengenal sosok almarhum sebagai pribadi yang yang santun, sederhana, merakyat dan hangat.

“Orang yang sederhana, saya kenal sangat lama dulu pernah jual es lilin, pribadinya santun, merakyat dan hangat, saya sesama kepala daerah merasakan kehilangan beliau, apalagi kami satu partai, beliau sebagai ketua MPW PKS Jabar. Terakhir bertemu saat ke Mandalika 21 November kemarin,” ucap Imam Budi Hartono.

Pada kesempatan tersebut, Imam Budi Hartono pun mendoakan agar almarhum Mang Oded diterima di Sisi Allah dan keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan kesabaran serta ketabahan.

“Saya berdoa semoga Allah menerima iman Islam beliau, amal ibadah dan mengampuni segala dosa nya, amin,” pungkas Imam Budi Hartono.

Jenazah Mang Oded disemayamkan di Pendopo Wali Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum Alun-Alun Kota Bandung, rencananya akan dikebumikan di kampung halamannya di Tasikmalaya.

Mang Oded lahir di Kabupaten Tasikmalaya 15 November 1962 menamatkan sekokah dasar hingga SMA di Tasikmalaya, kemudian menempuh bangku kuliah di Universitas Pasundan Bandung.

Mengawali karier politik resminya dengan menjadi anggota DPRD Kota Bandung dari fraksi PKS, kemudian terpilih menjadi Wakil Wali Kota Bandung mendampingi Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, masa jabatan 2013 – 2018.

Tahun 2018 Mang Oded terpilih menjadi Wali Kota Bandung bersama Wakilnya Yana Mulyana, untuk masa bakti 2018 – 2023. Sementara Ridwan Kamil menjadi Gubernur Jabar untuk periode yang sama dan dilantik pada hari yang hampir sama. Mang Oded meninggalkan satu orang istri Siti Muntamah Oded yang bertugas sebagai anggota DPRD Jabar, serta tujuh orang anak. (cky)

Editor : Ricky Juliansyah