alternatif ganjil genap
PADAT : Sejumlah petugas nampak bersiaga saat uji coba ganjil genap di Jalan Margonda Raya, dekat Simpang Ramanda, Sabtu (04/12). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bagi pengendara roda empat dari arah Jakarta mengarah ke Kota Depok ataupun sebaliknya diminta untuk menggunakan jalur alternatif agar menghindari pengalihan arus, dari Uji Coba Ganjil Genap.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Eko Herwiyanto mengatakan, masyarakat perlu menyesuaikan pola pergerakan dan perjalanan melalui rute-rute yang tidak diberlakukan ganjil genap. Serta diimbau melalui jalur alternatif lain, karena uji coba ini dilakukan pada tiga titik sepanjang Jalan Margonda Raya.

“Mulai di kolong flyover UI, Jalan Juanda sampai Simpang Ramanda. Masyarakat sudah punya jalan alternatif lain, seperti Jalan Arif Rahman Hakim menuju Jakarta dan kalau dari Jakarta ke Depok bisa lewat Jalan Akses UI,” ucapnya kepada Radar Depok, Sabtu (4/12).

Eko mengungkapkan, pada tahap uji coba ini, para petugas disiagakan agar mengatur kendaraan roda empat berpelat ganjil dan genap sesuai tanggal yang berlaku. Nantinya, setelah pukul 18.00 WIB, evaluasi akan dilakukan.

“Pasti untuk di tahap awal pasti perlunya ada petugas yang standby tapi kita harapkan kedepan seiring dengan telah terbiasa mengetahui jadwal ini, mungkin pelan pelan kehadiran petugas juga tidak sebanyak saat ini. Diharapkan pemahaman masyarakat bisa mengatur pola perjalanan mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya, Polrestro Depok bersama Kodim 05/08, Dishub Kota Depok, dan Satpol PP menggelar Uji Coba Ganjil Genap yang dimulai hari ini, Sabtu (04/12) dan Minggu (5/12) mulai pukul 12.00-18.00 WIB.

Sasarannya, adalah kendaraan roda empat, kecuali angkutan umum, kendaraan BBM/BBG, pemadam kebakaran, kendaraan barang, kendaraan pertolongan kesehatan lalu lintas, kendaraan plat merah, kendaraan petugas kesehatan, kendaraan vaksin, kendaraan pimpinan lembaga dan ambulan yang masih diperbolehkan melintas. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya