penyakit liver

RADARDEPOK.COM – Liver atau hati berfungsi menghancurkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, liver yang merupakan organ terbesar kedua dalam tubuh manusia tersebut, penting untuk menjaga kesehatan liver.

Jaga kesehatan liver dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan yang bisa merusak liver. Sejumlah kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari bisa memperburuk kondisi liver.

Berikut 5 kebiasaan yang merusak liver.

1. Minum alkohol

Minum alkohol membuat liver mesti bekerja lebih keras membuang racun di dalam tubuh. Kondisi ini bisa membuat jaringan parut yang disebut fibrosis mengalami kerusakan parah.

2. Tato dan tindik

Orang yang menggunakan tato dan tindik lebih berisiko mengalami penyakit liver. Jarum dan alat yang digunakan saat menato dan tindik juga bisa meningkatkan risiko infeksi.

Baca Juga : Karyawan SPBU di Depok Gasak Rp42 Juta dari Tempat Kerja

3. Makanan yang mengandung pestisida

Dikutip dari Eat This, konsumsi makanan yang mengandung pestisida juga bisa menyebabkan kerusakan liver. Sebaiknya, pilih makanan yang tidak menggunakan pestisida. Cuci buah dan sayur dengan bersih sebelum dimakan.

4. Semprotan aerosol

Hati-hati menggunakan semprotan aerosol. Aerosol yang terhirup dapat merusak liver. Liver tak hanya mendetoksifikasi makanan tapi juga menyaring bahan kimia yang dicium atau terhirup oleh tubuh. Gunakan masker saat menyemprot insektisida, fungisida, cat, atau bahan kimia lainnya.

5. Tidak olahraga

Studi menunjukkan tidak olahraga dapat berisiko menyebabkan penyakit liver non-alkohol. Olahraga dapat mencegah penumpukan lemak di liver sehingga menjaga liver tetap sehat.

Itulah kebiasaan yang dapat merusak liver. Hindari kebiasaan ini agar liver tetap sehat. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya