CERIA : Beberapa anak kecil menikmati senja di Taman Cibulan, Jalan Cibulan 1, RT02/RW03, Kelurahan Baktijaya, Minggu (05/12). GERARD SOEHARLY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Melalui aspirasi yang disampaikan warga kepada Anggota DPRD Kota Depok, Juanah Sarmili. Akhirnya, taman seluas 23 x 28 meter hadir di Jalan Cibulan 1, RT02/RW03, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya.

Laporan : Gerard Soeharly

Sejumlah anak dengan kisaran umur lima hingga sepuluh tahun berlari ceria di Taman Cibulan berluaskan 23 x 28 meter. Perhatian anak-anak itu terpaku pada sebuah tugu di pusat taman dengan konsep berbentuk anak tangga.

Sekelompok anak bermain sepak bola, kelompok lainnya berlarian mengelilingi taman dan sebagian kecil mengamati layang-layang yang terbang terbatas di langit luas dengan penuh harap diantaranya ada yang terputus.

Hal itu dilakukan mereka karena, minimnya fasilitas bermain anak pada taman yang baru selesai pembangunannya tersebut.

“Sudah jadi tamannya, tinggal peresmian saja,” Ketua RW03, Kelurahan Baktijaya, Ivan Andrian saat ditemui Radar Depok, Minggu (05/12).

Ivan menerangkan, Taman tersebut hadir di wilayahnya berkat Juanah Sarmili yakni anggota DPRD Kota Depok yang terpilih dari daerah pemilihan Sukmajaya-Cilodong beberapa tahun silam.

“Ini aspirasi yang kita sampaikan ke Bu Juanah Sarmili beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Beralamatkan Jalan Cibulan, RT02/RW03, Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya, taman tersebut terlihat indah dengan rumput hijau yang baru ditanam. Terlebih, pada titik pusatnya yakni sebuah tugu kecil dengan pola seperti anak tangga.

Pada malam hari, sorotan empat lampu di setiap sudut taman tersebut makin mempercantik taman itu. Meski demikian, kata Ivan, lampu tersebut merupakan hasil swadaya masyarakat sekitar.

“Ini konsepnya dari kita tetapi menyesuaikan dengan anggaran yang disediakan,” jelas Ivan.

Lebih jauh, dia mengharapkan, uluran tangan pemerintah dan darmawan untuk membantu pihaknya supaya pada taman tersebut terdapat fasilitas bermain yang memadai untuk anak.

“Yah kita akan coba secara swadaya mengenai fasilitas bermain anak seperti ayunan, perosotan dan sebagainya,” ungkap Ivan.

Sebelumnya, terang Ivan, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui, Kelurahan Baktijaya telah menyediakan anggaran sekitar Rp144 Juta untuk pembuatan tempat bermain anak tersebut.

“Dananya gak mencukupi kalo untuk beli fasilitas bermain anak,” terang dia.

Kendati demikian, Ivan mengungkapkan, antusias masyarakat sangat besar. Hal itu terbukti dari kompaknya warga sekitar memberikan makan kepada para pekerja yang sedang melakukan pembangunan tersebut.

“Antusiasnya besar, kita pada patungan untuk memberikan makan kepada para pekerja,” tandasnya. (*)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah