katar jati baru
BENTUK : Lurah Pangkalanjati Baru, Iwan bersama Katar RW4 Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Cinere selepas membentuk bank sampah, Selasa (7/12). ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Karang taruna (Katar) di Kota Depok bisa mencontoh trobosan Katar RW4 Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Cinere. Para pemuda ini membentuk bank sampah, Selasa (7/12). Seluruh pengurusnya anggota Katar RW4 dan nantinya kan dibagi setiap tugasnya.

Lurah Pangkalanjati Baru, Iwan mengatakan, belum lama ini meresmikan keberadaan Bank Sampah Karang Taruna (Katar) RW4. Lurah bangga terhadap inisiatif para remaja dan pemuda yang tergabung di karang taruna mengelola bank sampah. Tentunya, ini sebagai wujud kontribusi terhadap upaya penanggulangan sampah rumah tangga, yang masalah krusial bagi warga perkotaan.

“Jujur saya sangat bangga dengan kreatifitas anak muda di Katar RW4 yang mau mengelola bank sampah. Ini luar biasa dan langka. Karena sejauh ini biasanya yang mengelola bank sampah itu para kaum ibu, tapi ini para anak muda. Mudah mudahan kreativitas para pemuda RW4 ini akan dicontoh anak muda lainnya,” tutur  Iwan kepada Harian Radar Depok, Selasa (7/12).

Sementara, Ketua Katar RW4, Kelurahan Pangkalanjati Baru, Hamdani mengatakan, akan berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan pengelolaan bank sampah, untuk mengurangi jumlah sampah terbuang.

“Kami bersemangat karena kami mendapat support dari pak Lurah beserta jajaran, kami akan melakukan pengelolaan sampah rumah tangga secara profesional untuk mengurangi jumlah sampah yang terbuang sia sia ditempat pembuangan sampah,” kata Hamdani.

Pernyataan senada dilontarkan Biril selaku Ketua Bank Sampah Katar RW4. Kendati baru memulai kegiatan di Basecamp Bank Sampah Katar 04. Alhamdulillah banyak teman teman yang tertarik bergabung meskipun melaksanakan aktivitas pemilahan sampah.

Dia menambahkan, sambil memilah sampah, pihaknya juga bisa mengoptimalkan kebersamaan di basecamp bank sampah untuk membahas seputar kegiatan karang taruna.

“Sambil memilah sampah, kami bisa ngobrol ngobrol ngomongin kegiatan kepemudaan yang masuk dalam program kegiatan Karang taruna, sekali mendayung dua tiga pulau terlampau,” tandasnya.(van/rd)

Jurnalis : Ivanna Yustiani 

Editor : Fahmi Akbar