Bayi dibuang di sawangan
DIBUANG : Sularno dan Nuryati, menunjukkan sebuah kardus yang menjadi tempat bayi yang dibuang orangtuanya di kursi teras rumah mereka. FOTO : INDRA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CINANGKA – Sesosok bayi mungil tega diterlantarkan orang tuanya di halaman rumah warga, bilangan Jalan Abdul Wahab, Gang Wadas Hijau RT04/08, Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan. 

Kanit Reskrim Polsek Bojongsari, Ipda Bowo mengatakan, penemuan bayi berjenis kelamin perempuan ini pertama kali diketahui pemilik rumah atas nama Nuryati. 

“Jadi ibu Nuryati ini baru pulang belanja dari warung sekira pukul 05:00 WIB. Lalu dia melihat sebuah kardus ditumpuk kain yang diletakkan di kursi teras rumahnya,” kata Ipda Bowo, Jumat (03/12). 

Ipda Bowo mengungkapkan, karena curiga dengan keberadaan kardus tersebut, Nuryati lantas membuka kardus tersebut dan dikejutkan dengan seorang bayi perempuan dalam kondisi bernyawa lengkap dengan talibpusar yang dijepit degan benda berwarna biru. 

“Bayi ini diperkirakan baru berusia satu minggu, berat 3 kg, panjang 40 cm, lingkar kelala sekira 30 cm, dan lingkar perut sekira 30 cm,” tururnya. 

Nuryati yang kaget, lanjutnya, langsung memberitahukan penemuan bayi ini ke siuaminya Sularno. Kemudian Sularno melapor ke Ketua LPM Cinangka, Solehudin dan Binmas Kelurahan Cinangka Aiptu Sudibyo. 

“Pihak sularno dan Nuryati menyatakan kesediaanya untuk merawat bayi ini,” bebernya. 

Terpisah, Ketua LPM Cinangka, Sholehudin mengaku berempati dengan nasib bayi yang dibuang orangtuanya tersebut, serta mengapresiasi keluarga Sularno dan Nuryati yang berbaik hati mau mengadopsi bayi malang tersebut. 

“Karena mereka mau merawat bayi malang ini, saya sarankan untuk dibawa ke Puskesmas atau klinik terdekat terlebih dahulu untuk mengecek kondisi bayi, dan mengurus administrasi serta surat – surat penemuan bayi ini ke Kepolisian,” tutupnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya