jaringan internet indonesia

RADARDEPOK.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) meminta operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, hingga XL Axiata untuk menghapus jaringan 3G. Ini demiĀ ambisi agar setiap wilayah desa dan kelurahan di Indonesia tersedia akses internet.

Menteri Kominfo Johnny Plate mengatakan, jaringan 4G akan menjadi tulang punggung konektivitas di Indonesia. Namun, ada 12.548 desa/kelurahan termasuk blank spot atau wilayah yang belum tersentuh jaringan telekomunikasi.

Rinciannya, sebanyak 3.435 desa/kelurahan di wilayah komersial merupakan blank spot termasuk di daerah ibu kota negara terdapat blank spot di Kepulauan Seribu. Sisanya 9.113 desa/Kelurahan di wilayah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T).

“Itu kecil dari sisi persentase. Tetapi dari sisi luar wilayah dan sebaran kehidupan masyarakat lebih dari setengah Indonesia itu blank spot,” ujar Johnny Plate.

Baca Juga : Kolong Flyover Arif Rahman Hakim Bersolek Indah

Untuk menjalankan rencana tersebut Kominfo pun meminta operator seluler untuk menghapus jaringan 3G secara bertahap dan memperluas cakupan jaringan koneksi 4G.

“Sinyal 4G ini menjadi tulang punggung telekomunikasi kita. Secara bertahap dan saya juga sudah minta operator seluler untuk fade out (jaringan) 3G,” terang Johnny Plate.

Lantas kenapa jaringan 3G yang dihapus, bukan jaringan 2G? Ini karena ada perbedaan penggunaan. Jaringan 2G untuk komunikasi suara. Sementara jaringan 3G merupakan komunikasi data yang lebih lambat dari komunikasi data 4G.

“Secara bertahap agar fade out 3G digantikan 4G. Kami juga tidak menunggu 3G selesai di face out [operator seluler] melalui Bakti (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) Kominfo juga akan melakukan pembangunan BTS 4G di wilayah 3T,” ungkap Johnny Plate.

Johnny Plate mewanti-wanti agar masyarakat jangan kaget bila nantinya justru komunikasi dengan kecepatan tinggi ada di wilayah 3T dan sebagian wilayah komersial yang tadinya menggunakan jaringan 3G mendapati biaya layanannya jauh lebih murah. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya