pelatihan menjahit ratujaya
MENJAHIT : Seorang peserta latihan menjahit Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung saat menunjukan hasil jahitannya. FOTO : GERARD/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, RATUJAYA – Berbagai inovasi dilakukan Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Terlebih, menciptakan inovasi untuk membuka peluang usaha disaat kesulitan ekonomi akibat, pandemi Covid-19.

“Untuk mewujudkan pribadi yang mandiri dan berdaya saing menuju Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera,” kata Camat Cipayung, Hasan Nurdin, Kamis (02/12).

Hasan menerangkan, latihan menjahit ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat kelurahan dalam upaya meningkatkan kapasitas masyarakat untuk pengingkatan perekonomian masyarakat.

“Kami berharap ilmu nenjahit yang diperoleh dari pelatihan menjahit yang diadakan Kelurahan Ratujaya tidak hanya untuk diri sendiri, tapi hendaknya ditularkan ke tetangga dan warga lain agar dapat dirasakan manfaatnya,” jelasnya.

Sedangkan, Lurah Ratujaya, Ahmad Soma berharap, peserta dapat mengimplementasikan kegiatan pelatihan menjahit dalam waktu tiga hari itu untuk menciptakan penghasilan maupun peluang usaha. 

“Pelatihan menjahit ini untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan bermanfaat bagi kaum ibu-ibu, apalagi bagi mereka yang belum bisa menjahit, sehingga bisa meningkatan perekonomian keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala seksi Ekonomi Pembangunan (Kasiekbang) Kelurahan Ratujaya, Jayadi memaparkan, pelatihan menjahit tersebut berlangsung selama tiga hari peserta sekitar 30 orang.

“Pesertanya perwakilan dari RW 01-12 dan para pelaku UMKM bidang fashion wilayah Ratujaya,” terangnya.

Menurut dia, dengan pembekalan ilmu menjahit, masyarakat maupun pelaku UMKM di Kelurahan Ratujaya, secara perlahan dapat memperbaiki perekonomian keluarga.

“Harapan kita seperti itu ya, masyarakat dapat membuka peluang usaha dan pelaku UMKM semakin berkualitas lagi,” tutup Jayadi. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya