RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kembali menunjukkan komitmennya dalam menyediakan solusi digital yang lengkap  dan aman bagi pelanggan melalui fitur terbaru, IMSecure, yang juga didukung oleh Mastercard Indonesia selaku mitra strategis perusahaan. IMSecure menghadirkan layanan pemeriksaan keamanan tambahan dari berbagai data pribadi pelanggan Indosat Ooredoo yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan terhadap keamanan data pribadi masyarakat di tengah peningkatan penggunaan jaringan internet yang masif.

Bersadarkan data dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), aktivitas kejahatan siber atau cybercrime, termasuk peretasan data, telah meningkat 600% sejak awal mula pandemi COVID-19.[1] Survey yang dilakukan oleh Google dan YouGov secara daring pada September 2021 di beberapa negara di kawasan Asia Pasifik, juga menunjukkan bahwa hampir dua dari tiga pengguna internet di Indonesia, telah mengalami kebocoran data pribadi.[2] 

Melihat kondisi tersebut, Indosat Ooredoo berinisiatif untuk meluncurkan IMSecure, yang memungkinkan para pengguna untuk menelusuri bila ada data-data pribadinya, seperti nomor telepon, email, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama ibu kandung, dan data penting lainnya, telah diambil dan digunakan oleh pihak-pihak lain di jaringan internet.

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh, mengatakan, “Data pribadi merupakan informasi penting seseorang yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk aktivitas kejahatan siber. Maka perlindungan terhadap keamanan data pribadi menjadi hal yang sangat penting seiring dengan peningkatkan aktivitas digital masyarakat di masa kini. Oleh karena itu, Indosat Ooredoo menghadirkan IMSecure sebagai suatu solusi bagi masyarakat, di mana mereka tidak perlu khawatir lagi atas keamanan data pribadinya karena mereka dapat memantau penggunaan data-data pribadinya di jaringan internet secara praktis dan mudah. Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat mewujudkan hidup bebas dari insecure dengan IMSecure.” 

Menawarkan akses yang mudah, semua pelanggan Indosat Ooredoo dapat bergabung dalam layanan IMSecure dengan mengakses tautan pendaftaran, melengkapi data diri, termasuk nomor telepon seluler dan email, dan pelanggan dapat langsung menikmati layanan Perlindungan Identitas dari IMSecure yang didukung oleh Mastercard. Layanan IMSecure dapat memantau penggunaan data pribadi pelanggan dalam beberapa kategori, yaitu: (1) Essentials, termasuk penggunaan data alamat email, NIK, nomor telepon, dan alamat; (2) Financial Well-Being, termasuk penggunaan akses rekening bank, kartu kredit, debit, maupun prabayar, serta loyalty card seperti frequent flyer card; (3) Identity, Cards & Documents, termasuk penggunaan akses media sosial, Surat Izin Mengemudi (SIM), nama Ibu kandung, dan paspor; hingga (4) Insurance Documents, termasuk penggunaan kartu asuransi medis dan kendaraan.

Semua pelanggan Indosat Ooredoo berkesempatan untuk mendapatkan akses gratis layanan IMSecure selama 30 hari. Selanjutnya, IMSecure juga menawarkan harga berlangganan yang terjangkau dengan hadiah bonus kuota untuk setiap periode berlangganan, mulai dari Rp 10.000 untuk 1 bulan akses dengan bonus kuota 300MB hingga Rp 100.000 untuk 1 tahun akses dengan bonus kuota 3,25GB. Bonus kuota yang didapatkan berlaku 24 jam di semua jaringan dan dapat dinikmati selama 30 hari.

Navin Jain, Country Manager, Indonesia, Mastercard, mengatakan, “Saat ini, semuanya menjadi digital, dan Mastercard memahami bahwa “jejak digital” menjadi perhatian besar bagi banyak orang. Untuk itu, inovasi digital harus diimbangi dengan kebutuhan untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan publik melalui perlindungan data individu. Oleh karena itu, Mastercard dengan senang hati berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo untuk meluncurkan IMSecure yang akan memperingatkan pengguna jika data pribadi mereka disusupi atau jika terjadi pelanggaran identitas.”

Pelajari lebih lanjut mengenai IMSecure di https://indosatooredoo.com/portal/id/imsecure dan mulai lindungi data pribadimu sekarang! (rd)

 

Editor : Pebri Mulya