penjual belimbing
PENJUAL KHASIAT : Pedagang Belimbing Dewa Nimas Ningtias (45) ketika melayani pembeli yang telah menjadi langganannya dalam beberapa tahun terakhir, di Jalan Raya RTM Kelapa Dua. ARNET/RADARDEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM – 10 tahun berjalan sepasang suami istri Robert dan Agustina mengkonsumsi Belimbing Dewa yang sempat menjadi ikon Kota Depok. Dengan cara di jus, sepasang suami istri ini percaya akan khasiat buah yang memiliki model seperti bintang ini. Katanya, buah yang mengandung vitamin A dan C itu mampu mencegah terjadi penyakit.

Laporan : Arnet Kelmanutu, Depok

Menelusuri Jalan Raya RTM Kelapa Dua, Kota Depok. Mata akan disajikan jejeran pedagang belimbing, yang warna kuning nan segar begitu menggoda mata. Bukan hanya mata yang tergoda, lebih dari itu, buah yang katanya ikon Depok ini menyimpan banyak khasiat di balik bentuk uniknya.

Buah belimbing ternyata mengandung sumber vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan yang tangguh dalam memerangi radikal bebas, energi kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, serat, dan air.

Perjalanan pun terhenti di salah satu pedagang yang menumpuk belimbing di atas meja. Pedagang itu bernama Nimas Ningtias, seorang ibu yang berusia sekitar 45 tahun ini sudah 10 tahun lebih berjualan belimbing di kawasan tersebut.

Baca Juga  Muncul Petisi, Ternyata Ini Besaran THR yang Didapat PNS

Rasa penasaran berbincang pada ibu ini tak terelakan, terutama akan khasiat yang katanya banyak terkandung di dalam buah ini. Benar saja, meski geliat penjualan tak seperti dulu yang laku bisa puluhan karung saat panen, kini hanya bisa dihitung jari. Hanya pelanggan setianya yang tersisa hingga saat ini.

“Sekarang cuma sisa pelanggan aja. Mereka itu setia karena butuhkan khasiat dari belimbing, jadi sudah langganan, setiap minggu atau sebulan sekali beli,” katanya ketika berbincang.

Sekarang geliat penjualan belimbing jauh menurun. Setiap hari Nimas hanya dapat menjual belimbing tiga sampai empat kilogram, yang jelas hasilnya untuk menambah kehidupannya. Ada dua putra yang dihidupi dari buah bintang itu. Kedua anak itu bersekolah di salah satu SD Negeri di Kelurahan Tugu yang tak jauh dari kediamannya di kawasan RTM.

“Uang jualan buat hidup. Untuk sekolah anak saya dan makan setiap hari, dibantu pendapatan dari suami,” terang perempuan asal Sragen Jawa Tengah tersebut.

Baca Juga  Rizki Apriwijaya Terus Gaungkan Prokes

Di los dagangan yang tak begitu luas, Nimas menyampaikan, sepengetahuannya belimbing mengandung sumber vitamin A dan C. Berfungsi sebagai antioksidan yang tangguh dalam memerangi radikal bebas, energi kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, serat, dan air. “Itu setau saya, karena kita dulu kan pas waktu gencar tanam belimbing sambil dikasih tau tentang manfaatnya sama pemerintah,” ungkapnya.

Saat perbincangan, seorang ibu paru baya bernama Agustina hadir ke los dagang Nimas untuk membeli satu kilogram belimbing dewa dengan harga Rp10 ribu. Ada sekitar 3 buah belimbing besar dan 1 buah belimbing kecil yang di dapat Agustina. 1 buah yang kecil sebagai bonus dari Nimas karena langganan setianya yang hampir berjalan 10 tahun.

Agustina berprofesi sebagai guru, 10 tahun sudah secara rutin tiap bulan sekali mengkonsumsi belimbing dengan cara di jus. Hal ini dilakukan untuk mencegah darah tinggi, yang divonis dokter sekitar beberapa tahun lalu. “Iya untuk saya dan suami. Beli bukan lebih ke suka ya tapi untuk mencegah darah tinggi, terutama suami saya,” kata Agustina di lokasi pedagang belimbing.

Baca Juga  Alhamdulillah, 35 Pegawai Se-Cinere Negatif

Rekomendasi dari dokter tempatnya berobat menyarankan untuk mengkonsumsi belimbing secara berkala. Lanjut Agustina, kalau kata sang dokter,  belimbing mempunyai kandungan serat yang baik. Sehingga sangat baik untuk membantu melancarkan proses penceraan. Tak berhenti disitu saja, buah ini mengandung kadar kalium tinggi, serta natrium yang rendah sebagai obat hipertensi. “Ini juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, guna mencegah timbulnya penyakit hepatitis,” kata Agustina atas arahan dokternya.

Hal yang sangat penting lainnya, belimbing percaya tidak percaya juga membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker. Meningkatkan daya tahan tubuh, dan menghindari sariawan. Bahkan, pada dinding sel belimbing, mengandung pektin, yang mana kandungan ini mengikat kolesterol dan asam empedu yang terdapat dalam usus serta membantu pengeluarannya. “Banyaknya manfaat itu, terus dengan harga terjangkau nggak salah kalau kita konsumsi belimbing secara rutin,” tutup ibu tiga orang anak ini. (arn/rd)

Editor : Fahmi Akbar