catur habis
BERTANDING : Maruntung Siringo-Ringo (kiri) saat berhadapan dengan lawan mainnya dalam babak kualifikasi Porda Jabar Tahun 2020. GERARD SOEHARLY/RADAR DEPOK

Kesungguhan Maruntung Siringo-Ringo dalam mengharumkan nama Kota Depok terlihat jelas saat dia mempersiapkan diri menatap Pekan Olahrga Daerah (Porda) Jawa Barat. Persiapan dari dalam dan luar sudah secara matang ia perhitungkan.

Laporan : Gerard Soeharly

RADARDEPOK.COM, Jalan Tol Jakarta-Cikampek menjadi saksi bisu perjalanan Maruntung Siringo-Ringo, saat dirinya membulatkan tekad untuk mengharumkan nama Depok dalam dunia percaturan.

Meninggalkan Kota Depok bersama rombongan pecatur lainnya dengan senang hati dilakoni. Bukan tanpa maksud, mereka secara matang telah mempersiapkan diri untuk lolos dalam kualifikasi Pekan Olahrga Provinsi (Porprov) Jawa Barat 2022.

Langkah demi langkah Maruntung, diiringi doa yang tulus dari keluarga dan kerabat dekatnya. Dalam benaknya juga sesekali terlintas bayang-bayang medali emas yang telah menjadi targetnya pada kontestasi olahraga tersebut.

“Saat ini saya sedang berada di Bandung untuk mewakili Kota Depok dalam kualifikasi Porda Jabar,” kata Maruntung.

Bertempat di Hotel Kirana, Kota Bandung, Maruntung dan rekannya dari Depok mulai mengistirahatkan diri. Jam tidur yang tadinya berantakan, berubah mendadak. Teratur. Semua dikorbankan untuk kota tercinta.

Sebelum ayam jantan berkokok, Maruntung sudah terbangun. Dia mengeluarkan gadgetnya untuk melatih diri melawan komputer dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Sesekali, dia melatih diri melawan rekannya sendiri. “Saya berlatih lawan teman, kadang juga secara online,” ungkapnya.

Matahari yang keluar dari persembunyiannya, membakar semangat Maruntung. Rutinitas itu dijalaninya selama bermukim di Kota Kembang, Bandung.

Tekadnya hanya satu, menembus babak kualifikasi tersebut. Sehingga, pada tahun depan atlit catur dari Depok dapat beradu otak dengan bakat terpendam dari daerah lainnya.

Wajah ceria selalu terlihat dari wajah Maruntung. Tiada keluh kesah yang terlontarkan dari mulutnya. “Kita disini akan berusaha sebaik mungkin supaya bisa lolos babak kualifikasi untuk Porprov Jabar tahun depan,” jelasnya.

Sensasi berbeda dirasakan Maruntung, pada logo Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dibalik baju yang dikenakannya, ada rasa haus akan kemenangan yang selama ini ingin dia persembahkan untuk Kota Depok.

“Saya yakin kalo kita berusaha semaksimal mungkin, pasti hasilnya juga akan menjadi baik,” ujarnya.

Dari kejauhan, tak henti-hentinya dia meminta doa restu kepada masyarakat Kota Depok agar sang kuasa memperkenankan dirinya dan tim lolos dalam babak kualifikasi tersebut. “Kami meminta doa restu dan dukungan dari semua pihak terkhusus masyarakat Kota Depok, supaya kami dapat lolos dalam kualifikasi ini,” harapnya. (*)

Editor : Junior Williandro