HADIR: Walikota Depok, Mohammad Idris sedang menghadiri kegiatan pelantikan pengurus MUI tingkat kelurahan di Kecamtan Sawangan. FOTO : INDRA SIREGAR / RADARDEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Kecamatan Sawangan menorehkan sejarah baru dalam konteks religius di Kota Depok. Wilayah di bawah pimpinan Anwar Nasihin ini menjadi Kecamatan Pertama di Depok, yang melakukan pelantikan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) tingkat kelurahan.

Bahkan, dalam prosesi pelantikan pengurus MUI yang dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Sawangan ini, bahkan dihadiri Walikota Depok, Mohammad Idris.

Pada kesempatan tersebut, Idris meminta pengurus yang baru dilantik untuk mengutamakan kemaslahatan masyarakat. Hal ini sesuai dengan arahan MUI Pusat bahwa pengurus MUI di wilayah dapat menjalankan tugasnya dari bawah agar dapat lebih dekat dengan masyarakat.

“Sehingga tidak ada istilah ulama elit, semuanya sama,” kata Idris, Senin (06/12).

Baca Juga  Disdagin Adakan Pasar Murah di Jatimulya

Dia menjelaskan, ada tiga tugas yang harus dilakukan ulama. Pertama, memperhatikan kemaslahatan masyarakat. Kedua, membangun masyarakat yang kuat dengan visi dan misi ulama, terakhir, ulama harus dapat membantu memecahkan persoalan di masyarakat.

“Ulama tak ubahnya seperti pemerintah yang berkewajiban untuk mensejahterakan masyarakat, karena Ulama dan Uamaro harus berdampingan agar tercipta kehidupan masyarakat yang sejahtera dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” bebernya.

Idris menyebut, Pemerintah Kota Depok bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok sudah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Kota Religius. Perda ini hadir tujuannya untuk memfasilitasi kegiatan agama, salah satunya MUI.

“Alhamdulillah sekarang Depok sudah memiliki Perda Kota Religius,” tuturnya.

Baca Juga  Pegawai Kelurahan Pondok Petir Ikut Isi Lumbung Pangan

Di tempat yang sama, Camat Sawangan, Anwar Nasihin menambahkan, pengurus MUI tingkat kelurahan dilantik oleh Ketua MUI tingkat kecamatan. Maka itu, seluruh pengurus MUI mulai tingkat kelurahan hingga kecamatan, diharapkan dapat bersinergi dengan Aparatur Kecamatan Sawangan dalam membangun wilayah.

“Kami berharap hadirnya MUI, para umat dapat terus terbina, hadir sebagai penyelesai masalah umat, dan membantu pemerintah dalam pembangunan,” terangnya.

Dia berharap, dengang kehadiran MUI di tingkat kelurahan juga dapat menciptakan kerukunan dan kedamaian, serta kebersihan lingkungan dan berabagai peran positif lainnya.

“MUI bisa menjadi media untuk menyampaikan Program Kota Religius di masyarakat,” pungkasnya. (dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah

Baca Juga  Tanah Galian Drainase Bikin Celaka