NYAMAN : Sosialisasi Pasar Tradisional Sukatani Kecamatan Tapos yang akan dijadikan Sebagai Pasar Standar Nasional Indonesia (SNI). Sabtu (04/12). FOTO : IVANNA / RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKATANI – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok menggelar sosialisasi Pasar Tradisional Sukatani Kecamatan Tapos. Sabtu (04/12). Pasar tradisional yang akan dijadikan sebagai pasar Standar Nasional Indonesia (SNI) di tahun ini. Pasar sukatani juga sudah memenuhi persyaratan untuk meraih Sertifikat SNI.

“Insha Allah, pasar akan kedatangan tim penilai dari LSPro- PPMB untuk meraih SNI, jadi dari persyaratan sudah terpenuhi semua, sudah 100 persen. Dari parameter SNI sudah kita lengkapi,” ujar Kasi sarana prasara Disdagin Kota Depok, Maydiyan kepada Radar Depok, Sabtu (04/12).

Menurut Maydiyan, persiapan pengajuan PAB untuk mendapatkan SNI, ada poin-poin yang harus disiapkan Disdagin Kota Depok, seperti management pasar, keuangan dan menekankan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan.

Lanjutnya, penerapan SNI tidak hanya menguntungkan para pedagang, tapi juga menguntungkan para konsumen. Hal ini karena SNI.

“Konsumen akan merasakan pasar bersih, sehat, nyaman, dan terukur. Sementara pedagang harapannya dengan fasilitas yang sudah kita intervensi, apalagi ber-SNI memudahkan mereka untuk berjualan lebih nyaman, dan aman dengan omset yang lebih baik,” ucapnya.

Saat ini pihaknya masih menunggu untuk audisi dengan dengan tim auditor Kemendag.

“Audisinya rencananya (hari Senin). Mudah-mudahan lancar semuanya saat pelaksanaan. Setelah itu dijaga konsistensinya,” tandasnya. (van)

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Ricky Juliansyah