depok smart city
FOKUS : Walikota Depok, Mohammad Idris bersama beberapa Kepala Perangkat Daerah (PD) saat mengikuti Program Gerakan Smart City 2021 yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, Rabu (08/12). 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Konsistensi pemerintah daerah dalam menjalankan Quick Wins yang telah ditetapkan, mulai dicek. Ini adalah Program Gerakan Smart City 2021 yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Menghadapi hal tersebut, Pemerintah Kota Depok turut memaparkan pencanangan sustainable Smart City secara berkelanjutan

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, ini merupakan kedua kalinya Pemkot Depok mengikuti penilaian dan evaluasi Smart City. Pihaknya membeberkan seluruh capaian dan perencanaan. 

“Kami menyampaikan semua  sesuai dengan realitas. Perencanaan ini sustainable Smart City, jadi akan terus berkelanjutan. Tidak akan berhenti walau periode kepemimpinan sudah berganti,” terangnya, Rabu (8/12). 

Sejumlah paparan yang disampaikan mengenai Quick Wins Depok Kota Cerdas diantaranya Easy Tax yaitu peningkatan pendapatan daerah melalui kebijakan dan sistem Peraturan Daerah (Perda), Simpad, Tapping Box dan lain-lain. Kemudian, Picodep yaitu aplikasi pencatatan dan pelaporan data Covid-19.

“Kami juga paparkan terkait Zero Waste City yaitu pengelolaan sampah dari hulu ke hilir yang melibatkan beberapa unsur. Inovasi lainnya adalah D’Co Mart, jaringan usaha koperasi,” ucapnya.

Disamping itu, ada juga ada Sekolah Ayah Bunda yaitu untuk mewujudkan Depok Ramah Keluarga dengan program edukasi ke masyarakat. Terakhir, City Tour yantu kunjungan ke lokasi-lokasi di Kota Depok yang memiliki nilai atau tema tertentu sebagai bagian dari promosi.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi pemicu bagi Pemkot Depok dalam peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat dan mewujudkan kesejahteraan. Ini Inti dan tujuan dari diwujudkannya Kota Cerdas,” tukasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya