DIEVAKUASI : Petugas UPT Damkar Kota Depok, sedang menangkap seekor ular Sanca Kembang. FOTO : IVANNA/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sempat digegerkan dengan penemuan ular masuk ke pemukiman warga beberapa waktu lalu, kini ular kembali meneror warga Depok. Kali ini kejadiannya di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong.

Laporan: Ivanna Yustiani

Sebuah mobil pickup berisikan empat orang personel UPT Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mendarat di Jalan Kebon Duren No.62 Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong.

Kedatangan mereka bukan untuk memadamkan api. Melainkan, mau mengevakuasi seekor ular sanca kembang berukuran besar yang masuk dalam rumah warga.

Keempat personel Damkar tersebut turun dari mobil dengan cara melompot. Di tangan mereka sudah tersedia dua bilah besi alat penangkap ular atau yang biasa disebut safety tools dan sebuah karung goni.

Sambil anggotanya menyusuri dalam rumah warga hingga pekarangan, Kepala Bidang Pengendalian Operasi Kebakaran dan Penyelamatan, Welman Naipospos mengatakan, pihaknya melakukan evakuasi setelah pemilik rumah bernama Ginah melaporkan adanya ular yang masuk ke dalam rumah mereka.

“Kita dapat laporan, katanya di sini ada ular, maka dari itu kita mau coba evakuasi ular itu agar tidak membahayakan pemilik rumah maupun ular itu sendiri,” katanya.

Setelah proses pencarian selama kurang lebih 10 menit akhirnya salah satu petugas berteriak untuk memberitahukan posisi persembunyian ular di dalam rimbunan tanaman yang ada di pekarangan rumah.

“Ularnya di sini, lumayan gede, sekitar 3,5 meter,” tuturnya.

Tanpa waktu lama, ular sanca kembang engan panjang 3,5 meter tersebut langsung dimasukkan ke dalam karung.Setelah proses evakuasi selesai, petugas langsung meninggalkan lokasi dan kembali ke markas mereka. (*)

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Ricky Juliansyah