ANTUSIAS : Warga RW01, Kelurahan Mekarjaya saat mengikuti sosialisasi pemberdayaan masyarakat kelurahan tangguh bencana. FOTO : GERARD SOEHARLY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, MEKARJAYA – Sebagai langkah preventif, RW 01 Kelurahan Mekarjaya menggelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat kelurahan tangguh bencana bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok serta Taruna Siaga Bencana (Tagana).

“Mereka diberikan pengetahuan dan pelatihan dalam menghadapi bencana, dari DPKP dan Tagana Kota Depok. Sebagai langkah antisipasi dari berbagai macam bencana,” kata Ketua RW 01 Kelurahan Mekarjaya, Rochendi kepada Wartawan, Minggu (05/12).

Cueng -Sapaan akrabnya- menjelaskan, sosialisasi itu juga bermanfaat agar masyarakat memiliki pengetahuan dan tidak panik dalam menghadapi suatu bencana.

“Dengan adanya sosialisasi tanggap bencana diharapkan masyarakat maupun pengurus RT dan masyarakat tidak panik dalam menghadapi suatu musibah,” ujarnya.

Lebih dalam, dia menyebutkan, pelatihan yang diberikan itu meliputi Water Rescue, Vertical Rescue, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), dan Tendanisasi.

“Karena bencana alam tidak bisa dihindari, tapi minimal kita bisa mengurangi risiko bencana,” ungkap Cueng.

Sementara, Lurah Mekarjaya, Zaenal Arifin menambahkan, di willayahnya terdapat lima RW yang dinilai rawan akan bencana banjir. Untuk itu, sebagai langkah antisipasi dari berbagai macam bencana yang kerap terjadi, pihaknya mengadakan pelatihan dan penyuluhan.

“Ada RW 02, RW 24, RW 25, RW 21 dan RW 22 yang ikut dalam pelatihan. Hal ini penting untuk kita semua sehingga bisa tau langkah-langkah apa yang harus diperbuat ketika terjadi bencana,” bebernya.

Dia menandaskan, melalui pelatihan dan penyuluhan tersebut masyarakat akan lebih siap menghadapi terjadinya suatu bencana. (cr1)

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Ricky Juliansyah