data kebakaran
EVAKUASI : Petugas Pemadam Kebakaran Kota Depok sedang berjibaku memadamkan api pada salah satu lokasi kebakaran yang terjadi di tahun 2021 di Kota Depok. ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sepanjang 2021, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mencatat, telah terjadi kebakaran sebanyak 124 bencana kebakaran yang terjadi di Kota Depok.

Data tersebut usai direkap Dinas Damkar oertanggal 30 Desember 2021, yang tersabar di 11 Kecamatan Kota Depok.

“Sampai 30 Desember 2021, ada 124 kebakaran yang terjadi,” ungkap Kepala Bidang Operasion Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos kepada Radar Depok, Kamis (30/12).

Kata Welman, dari hasil rekapan tersebut, kejadian diakibatkan dari konsleting listrik, dan rata-rata terjadi di permukiman padat penduduk dan bangunan semi permanen.

Dari seluruh kejadian kebakaran, Kecamatan yang menduduki tingkat pertama adalah Kecamatan Tapos dengan total 22 kejadian kebakaran, selanjutnya ada Kecamatan Sukmajaya dengan 18 kejadian kebakaran, dan peringkat ketiga ada Kecamatan Sawangan dengan 16 kejadian.

“Biar wilayah tersebut berada di posisi tiga terta, bukan berarti semua tidak waspada. Semua harus tetap waspada ya,”

Terlebih masyarakat, dipinta Welmanz wajib menggunakan perlengkapan kelistrikan Standart Nasional Indonesia (SNI), yang kekuatannya bisa luluhan tahu, minimal 10 sampai 15 tahun.

Lebih jauh, jelas dia, perkara kebakaran bukan hanya soal konsleting listrik, melainkan juga ada yang disebabkan kompor atau gas, puntung rokok, sampai tabunan hasil pembakaran yang kurang diperhatikan hingga merambat ke berbagai area.

Setiap bulannya, kebakaran selalu terjadi di Kota Depok, pada Januari ada 10 kejadian, Februari ada 4 kejadian, Maret 10 kejadian, April 12 kejadian, Mei 10 kejadian, Juni ada 9 kejadian, Juli ada 10 kejadian, Agustus 17 kejadian, September 13 kejadian, Oktober 11 kejadian, November ada 5 kejadian, dan terakhir pada bulan Desember ada 13 kejadian. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro