BUKA LOMBA : Manajemen PT Karabha Digdaya, berserta Aparatur Kecamatan Tapos, dan Kelurahan Cilangkap, sedang membuka kegiatan lomba pidato kader TP PKK Cilangkap, dalam rangka memperingati Hari Ibu. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

Dalam rangka memperingati Hari Ibu, PT Karabha Digdaya bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, menyelenggarakan acara Lomba Pidato Ketua Kelompok PKK RW Tingkat kelurahan.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM – Kegiatan lomba pidato ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Karabha Digdaya di wilayah Kecamatan Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

Adapun kegiatan lainnya yang dilakukan perusahaan antara lain Pengembangan Ecovillage di Kelurahan Cilangkap, Pendampingan Kelompok Petani Ikan Konsumsi dan Pembuatan Kebun Phermaculture di Kelurahan Tapos, serta pengembangan UMKM di Kelurahan Cimpaeun.

Satu persatu, setiap pimpinan TP PKK tingkat RW yang ada di Kelruahan Cilangkap, menyampaikan materi pidato mereka dalam lomba untuk merayakan Hari Ibu Ini.

Selain untuk memeriahkan peringatan Hari Ibu, lomba pidato ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kaum wanita dalam mengeluarkan pendapatannya secara jelas dan tegas di depan umum. Kegiatan ini mendapat respons yang positif, dimana dari 22 Rukun Warga (RW) yang ada di kelurahan Cilangkap, sebanyak 16 RW turut mengambil bagian.

General Manager Property & Estate PT Karabha Digdaya Yuli Prianto mengatakan, komunikasi merupakan salah satu hal yang memiliki peranan penting dalam kehidupan.

”Karena kalau tidak bagus dalam berkomunikasi tentunya akan menimbulkan masalah. Entah itu masalah keluarga atau masalah yang lebih besar lagi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Yuli berterima kasih kepada TP PKK Kelurahan Cilangkap yang senantiasa bergerak untuk menggerakan berbagai bidang dalam kehidupan bermasyarakat dan sebagai makhluk sosial.

Acara dibuka dengan menampilkan paduan suara anak-anak PAUD Kelurahan Cilangkap. Mereka tampil membawakan lagu-lagu bertemakan ibu. Sejumlah pihak yang hadir memberikan respons positif akan penampilan tersebut.

Antusiasme para peserta pada kesempatan tersebut cukup tinggi. Hal ini disampaikan Seketaris PKK Kelurahan Cilangkap, Sri. Menurutnya, kegiatan ini memiliki banyak manfaat untuk para peserta kegiatan lomba pidato. Salah satu manfaatnya ialah dapat melatih dan membiasakan kaum perempuan melakukan public speaking.

“Kegiatan ini diharapkan membuat para wanita di Tim Penggerak PKK Kelurahan Cilangkap dapat mempraktekkannya dalam menyampaikan pendapat baik itu saat berkegiatan di masyarakat maupun di rumah,” ujarnya.

Setelah memberikan penampilan terbaiknya, 4 RW berhasil memukau para penonton dan juri yang terdiri dari perwakilan PT Karabha Digdaya, Dokter Puskesmas Kelurahan Cilangkap, serta

Sekretaris PKK Kecamatan Tapos. Mereka yang menjadi jawara dari kegiatan tersebut adalah perwakilan dari RW 16 (juara 1), RW 6 (juara 2), RW 2 (juara 3), dan RW 18 (juara harapan).

“Mereka adalah yang terpilih dari peserta-peserta hebat yang berani menampilkan kemampuan terbaiknya pada hari ini. Untuk yang tidak terpilih, kalian juga tampil sangat baik. Tapi kami harus memberikan pilihan,” ujar Nuril Hasanah, salah satu juri lomba yang juga merupakan Manajer HRD PT Karabha Digdaya.

Di akhir acara, selain memberikan ucapan selamat untuk para pemenang, Yuli Priyanto juga meminta doa restu kepada para pemangku kepentingan setempat seperti Camat Tapos, Lurah Cilangkap, dan masyarakat sekitar terkait pengembangan usaha yang dilakukan oleh PT Karabha Digdaya.

“Pada kesempatan ini juga saya memohon doa restu dari segenap pemangku kepentingan dan masyarakat di Kecamatan Tapos dan untuk pengembangan yang akan dilakukan oleh Perusahaan kami. Semoga dengan pengembangan ini, sinergi kami dan masyarakat bisa terus terjalin dan semakin baik,” tutupnya. (*)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Ricky Juliansyah