jalanan desa tertinggal
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM Desa) Jawa Barat (Jabar) ada sembilan desa dari 5.957 desa yang masih berstatus desa tertinggal.

“Ada di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Tasikmalaya, Cianjur dan Karawang, paling banyak di Tasikmalaya,” kata Kepala DPM Desa Jawa Barat, Dicky Saromi.

Dicky berujar, sejak 2018 jumlah desa tertinggal di Jabar terus berkurang. Dimana, di tahun 2018 tercatat ada 929 desa, dan sekarang tinggal 9 desa.

Sembilan desa itu masuk dalam indikator tertinggal dilihat dari Indeks Desa Membangun (IDM).

“Kita lihat dari nilai IDM tadi, ada indikator ekonomi, sosial dan lingkungan, ada perhitungannya,” terangnya.

Baca Juga : Bruk! Maling Hape di Depok Jatuh dari Atap

Pada tahun 2022, pihaknya akan mengatasi permasalahan tersebut, agar tidak ada lagi desa tertinggal di Jawa Barat.

“Kita akan lakukan dua pendekatan, secara langsung dan tidak langsung. Langsung itu melalui patriot desa, akan lakukan analisis indikator itu misal soal kebencanaan, misal Bumdes yang kurang kuta lakukan fasilitasnya,” jelasnya.

Untuk di Tasikmalaya dan Cianjur, desa tertinggal itu ada di wilayah terpencil. “Ada terpencil di Tasik dan Cianjur, kalau di Karawang tidak,” tuturnya.

Untuk sembilan desa tertinggal ini sedari masih memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kekurangannya tidak bisa disamaratakan.

“Kalau kita lihat, tidak bisa disama ratakan, ada berdasarkan akses ada, ada juga berdasarkan potensi ekonomi, jadi tidak identik dengan beberapa kemiskinan yang masih ada, jadi enggak bisa disamakan,” pungkasnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya