Pengmas FTUI di Kelurahan Bakti Jaya
PEMOTONGAN PITA: Pemotongan pita oleh Camat Sukmajaya Fery Birowo, didampingi Dosen Pembimbing Pengabdian Masyarakat FTUI Ova Candra Dewi, Lurah Bakti Jaya Raden Iwan Heru Kusuma, serta perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Hendry Hardiana. FOTO: IST

RADARDEPOK.COM, DEPOK — Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan elemen penting di dalam sebuah kota. Hal tersebut menginisiasi tim mahasiswa FTUI dalam mengajak masyarakat memanfaatkan ruang terbuka yang ada sebagai media edukasi kesehatan.

Sebagai salah satu Program Kampung iklim (ProKlim), saat ini ruang terbuka hijau yang sudah ada pada Kelurahan Bakti Jaya, Kota Depok sudah menunjukkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim.

Untuk itu hal tersebut perlu ditingkatkan lagi ke arah pemanfaatan fungsinya dengan memanfaatkan ruang terbuka sebagai media edukasi kesehatan.

Dalam kegiatan ini tim pengabdian masyarakat FTUI yang diketuai oleh TB. Syarif Hidayatullah, dengan dosen pembimbing Dr-Ing. Ova Candra Dewi, S.T., M.Sc., melalui program kegiatan Peningkatan Fungsi Ruang Terbuka Hijau sebagai Media Edukasi, berupaya mengoptimalkan ruang terbuka hijau yang telah ada serta mengedukasi warga RW10 Bakti Jaya, Kecamatan Sukmajaya.

Kegiatan tersebut berlangsung secara progresif dari bulan Oktober-November 2021, di Kota Depok, Jawa Barat.

“Untuk kedepan itu kita makin banyak inovasi-inovasi dari UI, dan bisa juga buat perkembangan ke lokasi lain, secara nasional dan mendunia,” ungkap Ketua RW10 Isrowendi, Sabtu (20/12).

Dalam kesempatan ini Ketua RW10 menyerahkan kegiatan bersama mahasiswa FTUI ini digawangi oleh Karang Taruna, yang diketuai oleh Tri Sandjoyo.

“Masyarakat perlu dilibatkan terus dalam kegiatan menjaga lingkungan, agar semangat tetap terjaga” ungkap Ketua Karang Taruna.

Pertemuan bersama warga mengidentifikasi adanya keinginan untuk mengoptimalkan pemanfaatan Ruang Terbuka sebagai media edukasi untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dan pengetahuan warga.

Warga beserta tim mahasiswa FTUI berupaya untuk mewujudkan sebagai media edukasi.

“Mengingat saat ini kita sedang menghadapi pandemi, maka tema yang diambil adalah tema kesehatan dan alhamdulillah warga sepakat”, ungkap Ketua Tim Mahasiswa FTUI, TB Syarif Hidayatullah.

Selama kegiatan tetap diterapkan protokol kesehatan yang ketat. Tim Pengmas dari Departemen Arsitektur UI Bersama Karang Taruna RW10 serta warga dapat memahami potensi RTH, sebagai sarana umum dan edukasi.

Metode yang digunakan adalah “charette method” atau sistem partisipasi masyarakat bersama tim mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan ini mulai dari diskusi, edukasi, hingga eksekusi.

Kegiatan diskusi dengan warga memilih tema “Peningkatan Fungsi Ruang Terbuka Hijau Sebagai Media Edukasi” untuk segera terealisasi.

Edukasi yang dimaksud bisa berupa apa saja, termasuk melalui pesan mural. Melalui kegiatan peningkatan fungsi RTH sebagai media edukasi ini diharapkan peran partisipasi warga meningkat.

Pemanfaatan RTH sebagai media edukasi juga bisa lebih optimal termasuk di dalam menjaga lingkungan dan memperkuat dukungan dalam upaya menghadapi perubahan iklim.

Dalam kegiatan ini hadir pula, Camat Sukmajaya Fery Wibowo, Lurah Bakti Jaya Raden Iwan Heru Kusuma, dan juga Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok Hendry Hardiana. (gun/**)

 

Reporter/Editor: M. Agung