pupr
VERIFIKASI: Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty bersama Tim Penilai Kemen PUPR usai melakukan tinjauan lapangan di GDC, Kamis (2/12).

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melakukan kunjungan ke Depok guna menilai kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan jalan, Kamis (2/12). Dari penilaian tersebut, Kota Depok masuk dalam enam besar nominasi penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Kebinamargaan dan Penyelenggaraan Jalan Tahun 2021.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Citra Indah Yualianty menjelaskan sebelumnya, terdapat 98 kota yang dinilai dan menghasilkan enam besar. Penilaian dilakukan dengan memperhatikan kondisi kemantapan jalan.

Ada enam besar yang terpilih untuk ikut penilaian kinerja ini. Kota lainnya yang masuk nominasi selain Depok yaitu, Kota Samarinda, Kota Medan, Kota Malang, Kota Bitung, dan Kota Ternate,” katanya, Jumat (3/12).

Citra mengungkapkan, tentunya capaian ini menjadi sebuah kebanggaan dan motivasi Pemerintah Kota Depok agar meningkatkan kualitas kinerjanya. Mudah-mudahan bisa menjadi pemicu juga pemacu semangat untuk terus melakukan yang terbaik kepada masyarakat.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melakukan kunjungan ke Depok guna menilai kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan jalan, Kamis (2/12). Penilaian tersebut meliputi fisik jalan dan tanya jawab sesuai dengan komponen dan indikator.

Citra mengatakan, kunjungan pihak tim penilai Kemen PUPR bertujuan untuk melihat fisik penyelenggaraan jalan. Selain kunjungan, tim penilai dari Kemen PUPR juga melakukan tinjauan ke beberapa ruas jalan.

Dia menambahkan, disamping penilaian fisik, pihaknya juga melakukan tanya jawab sesuai dengan komponen dan indikator yang diminta. Sejumlah jalan yang ditinjau antara lain Jalan Margonda Raya dan Jalan di Grand Depok City (GDC).

Setelah melakukan tanya jawab terhadap data yang diminta, kami langsung turun ke lapangan mengambil sampel jalan yang ada di Kota Depok. Seperti Jalan di Margonda dan GDC,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Ketua Tim Penilai Kementerian PUPR, Karni Natalia Palimbong menuturkan, sebanyak 34 pemerintah provinsi, 416 pemerintahan kabupaten, dan 98 pemerintah kota yang dilakukan penilaian kinerja pemerintah daerah. Tentunya angka tersebut akan mengerucut berdasarkan penilaian.

Menurutnya, penilaian dilakukan dengan memperhatikan kondisi kemantapan jalan. Termasuk juga mempertimbangkan panjang jalan, aksesibilitas dan mobilitas. “Kami hanya memilih tiga provinsi, tiga kabupaten, dan tiga Kota. Nah, Depok masuk ke dalam salah satu kota, penilaian kinerja ini,” tukasnya.

Untuk diketahui, kategori kabupaten yang lolos nominasi yaitu Kabupaten Belitung, Tapin, Kediri, Badung, Mimika dan Kabupaten Siau Tagulandang Biaro. Sedangkan kategori provinsi terdiri dari Provinsi Kalimantan Utara, Bengkulu, Nusa Tenggara Timur, Banten, Papua Barat dan Provinsi Sulawesi Utara. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro