wakil wali
IMBAU : Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, saat menjadi pembina apel pagi di lapangan apel Balaikota, Senin (6/12). ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Kota Depok tidak mau jumawa dengan hadirnya varian baru Covid-19 yaitu B.1.1.529 atau Omicron. Sejak dini seluruh warega diminta waspada dengan penyebarannya, meski belum ditemukan. Penegasan itu diucapkan Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono selepas menjadi pembina apel padi, di Lapangan Balaikota Depok, Senin (6/12).

“Pertama kita jangan lengah, jangan menganggap ini enggak ada kasusnya,” ujar Imam kepada Harian Radar Depok, Senin (6/12).

Warga juga diminta tetep menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 melalui 6M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.

Terakhir, dirinya mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Dengan begitu, diharapkan dapat membantu meringankan efek yang dirasakan warga akibat terpapar Covid-19. “Barang siapa belum divaksin segera vaksin kerena vaksin salah satu yang melemahkan terjadinya penularan,” tegasnya.

Sementara, Ketua Divisi Penanganan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Sri Utomo menyebut, data terbaru per 5 Desember 2021, sebanyak 27 kelurahan di Kota Depok mencatatkan nol kasus konfirmasi aktif Covid-19.

Kelurahan tersebut di antaranya, Sukatani, Abadijaya, Sukamaju Baru, Sukmajaya, Grogol, Kukusan, Pondok Petir, Harjamukti dan Kalimulya. Kemudian, Kelurahan Pengasinan, Pasir Gunung Selatan, Cimpaeun, Duren Mekar Pondok Jaya, Kemiri Muka dan Rangkapan Jaya Baru.

Lalu, Kelurahan Serua, Pondok Cina, Sawangan, Cinangka, Bojongsari Baru, Duren Seribu, Pangkalan Jati, Cipayung Jaya, Pangkalan Jati Baru, Tapos dan terakhir Leuwinanggung.

Dalam data tersebut dicatatkan juga 17 kelurahan yang memiliki 1 kasus konfirmasi aktif Covid-19. Antara lain, Kelurahan Baktijaya, Jatijajar, Cilangkap, Ratujaya, Bedahan, Meruyung, Curug Cimanggis, Pasir Putih, Tirtajaya,  Beji Timur.

Lalu, Kelurahan Curug Bojongsari, Cisalak Pasar, Bojong Pondok Terong, Cilodong, Sawangan Baru, Bojongsari  dan Cisalak.

Sedangkan 5 kelurahan lainnya mencatatkan 2 kasus konfimasi aktif antara lain Sukamaju, Limo, Rangkapan Jaya, Jatimulya dan Kedaung.

Sementara itu, 8 kelurahan lainnya juga mencatatkan 3 kasus konfirmasi aktif Covid-19 di antaranya, Kelurahan Tugu, Mekarjaya, Depok, Mampang, Depok Jaya, Cinere, Cipayung dan Krukut.

Untuk Kelurahan Tanah Baru, Pancoran Mas dan Kalibaru mencatatkan 4 kasus konfirmasi aktif Covid-19. Kelurahan Gandul mencatatkan 6 kasus, Beji 9 kasus dan Mekarsari yang terbanyak yakni 10 kasus konfirmasi positif.

Dalam upaya menekan seluruh kasus Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) 6M. Selain itu, masyarakat juga diminta menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yakni dengan menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup.(rd)

Editor : Fahmi Akbar