pelatihan bank sampah baktijaya
KREATIF : Warga Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya saat melakukan pembuatan ecobreak. FOTO : GERARD/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BAKTIJAYA – Kelurahan Baktijaya, Kecamatan Sukmajaya Kota Depok melaksanakan kegiatan pelatihan pemilahan sampah dengan tema ‘pelatihan pemilahan sampah dapat meningkatkan nilai ekonomis bagi masyarakat’.

Sebagai koordinator, Kepala Seksi Pemerintahan (Kasiepem) Kelurahan Baktijaya, Andi Pangeran Sitompul mengatakan, pada kegiatan tersebut masyarakat diajarkan mengelola sampah yang tidak dapat didaur ulang menjadi barang bernilai ekonomis.

“Pelatihan hari kedua ini membuat ekobrick, kalau kemarin atau hari pertama pelatihan kita membuat pot bunga dari bahan pampers bekas,” kata Andi, Kamis (09/12).

Andi menjelaskan, bahan pembuat ecobreak itu terbuat dari barang yang sudah tidak terpakai dan mudah didapatkan.

“Seperti botol minum air mineral, bekas sachet kopi, sabun, bungkus sachet di gunting kecil lalu dimasukkan kedalam botol air mineral, hasilnya bisa jadi kursi bundar pendek, dan jadinya kuat sekali,” sebutnya memberikan contoh.

Baca Juga : 50 Peserta Berebut Ikan di Lomba Mancing Godong Ijo

Dia memaparkan, pelatihan tersebut diikuti 20 orang peserta dari pengurus bank sampah dari beberapa lingkungan RW.

“Semoga peserta bisa memberikan manfaat ilmunya pada warga disekitarnya, agar bisa meningkatkan nilai ekonomis untuk keluarga,” ucap Andi.

Sedangkan, narasumber pelatihan, Umi Toifah menjelaskan, selain bernilai ekonomis, pembuatan ecobrick juga dapat mengurangi penumpukan sampah.

“Disamping itu pembuatan ekobreak ini bisa menghemat penumpukan sampah dan bernilai ekonomis,” tutupnya. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Gerard Soeharly

Editor : Pebri Mulya