cinere garden
WISATA WARGA : Suasana berbagai lapisan masyarakt menikmati keindahan wisata air dan kuliner di danau cinere yang terletak di Jalan Punak, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, Rabu (29/12). ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Danau yang berada dikawasan Cinere disulap menjadi lokasi pariwisata dan kuliner yang khusus disajikan untuka masyarakat Kota Depok. Lokasinya, tepat di Jalan Punukan, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere.

Lokasi yang ciamik untuk dimasukan salah satu list dalam persinggahan di akhir tahun, karena menyajikan spot foto, pemandangan, hingga nantinya wisata air.

Kepala Dinas Perawatan Personil TNI Angkatan Laut (Watpersal), Laksamana Pertama Taufik Arif mengatakan, danau ini bertahun-tahun kurang diperhatikan sehingga pihaknya berinisiatif untuk memberikan wisaya yang terjangkau dikantong dan dekat bagi warga Depok, Jakarta, dan Tangerang, karena letaknya yang strategis.

“Pengelolaannya sepenuhnya dikelolah PT Garden Kuliner Nusantara. Ini menjadi satu-satunya destinasi wisata di Cinere,” tegasnya di lokasi, Rabu (29/12).

Dirinya menjelaskan, ini masih dalam kegiatan acsra soft opening sebagai bentuk peresmian awala agar masyarakat dapat menikmati apa yang telah disajikan.

Berdirinya Cinere Harden bentuk dukungan penuh dari masyarakat melalui ketua RW 03 dan 06 Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, yang ikut turun langsung dalam pembangunan untuk menata ulang danau yang telah bertahun-tahun terlantar sehingga dibutuhkan kesabaran dan sinergitas membangun kembali, sehingga dapat dimanfaatkan bagi warga di Komplek Pangkalan Jati dan warga sekitar lingkungan.

“Ini bentuk kerinduan wwrga sekitar agar bisa nerwisata dan berkuliner dekat dengan rumah, mengajak sanak keluarga dan sahabat. Ini juga dapat mendongkrak perkonomian UMKM Kota Depok dan wargabsetempat,” jelas Laksamana Taufik.

Laksama Taufik, yang sekaligus Pengelola dari Padang Golf Pangkalan Jati (PGPJ), juga menambahkan, pembangunan ini agar dapat dimanfaarkan untukan keluarva besar para prajurit Angkatan Laut.

Lokasi tersebut, diharapkannya, dapat menjadi pilot project untuk dapat membantu program pemerintah sebagai salah satu dari bagian ketahanan pangan.

“Darinlahan yang ada, kita bisa manfaatkan dengan nyaman bersama keluarga dan kerabat. Semaksimal mungkin dapat dinikmati, tentunya dapat menjadi wisata yang aman,” ungkapnya.

Dilokasi yang sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disoryata) Kota Depok, Dadan Rustandi menambahkan, mengapresiasi dan patut menjadi percontohan untuk situ maupun danau.

“Saya sangat apresiasi ya, ini sangat bagus dicontoh. Wisata danau dikelola penuh di bawah TNI Angkatan,” tambahnya.

Cinere Garden yang memiliki luas 300 meter persegi, juga memiliki kaya akan tenant kuliner nusantara. Sehingga mampu menpilkan jati.diri bangsa maupun Kota Depok.

Namun, Dadan meminta untuk selalu mejalankan protokol kesehatan dengan tetao membatasi pengunjung sebanyak 50 persen. Dari 600 temapt duduk yang tersedia, berarti sekitar 300 pengunjung yang dapat hadir, mengingst tetap mengedepankan prokes.

“Meski Depok sudah lebel 1, wajib buat kita untuk tetap prokes yam Kita harusnjadi teladan bagi yang lainnya,” pinta Dadan.

Terpisah, salah seorang warga dari Perumahan Jati Indah Komplek Pangkalan Jati Kecamatan Cinere, Sania Susliawati menuturkan, dengan berdiri Cinere Garden Street Food di danau Cinere ini sebagai warga sangat bangga dan dapat menjadi salah satu objek wisata khususnya di daerah Cinere.

“Kita siap mempromosikan kepada warga danau cantik dengan ditambahkan tempat wisata dan kulinet. Selain itu juga dihadirkan juga edukasi bagi anak-anak,” tandasnya. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro