ilustrasi presentasi
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi pengganti Power Point, dan sudah banyak beredar. Mulai dari yang gratis hingga harus berlangganan. Mulai dari yang memerlukan jaringan internet atau cukup offline pun sudah bisa dilakukan.

Memang benar, semua aplikasi alternatif Power Point memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun setidaknya, kamu bisa menggunakannya di waktu-waktu genting atau krusial. Apalagi jika ini sudah disangkutkan dengan pertaruhan karier di masa depan.

Berikut ini berbagi tentang beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat presentasi.

1. Canva

Beberapa tahun terakhir, Canva membawa suasana baru dalam dunia desain. Terutama bagi mereka yang tidak terlalu paham tentang desain. Ini dipermudah dengan tampilan dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Apalagi Canva juga menyediakan template untuk kita membuat presentasi.

Canva dengan 1001 desain akan membuat tampilan presentasimu semakin menawan. Hal inilah yang membuat Canva menjadi andalan saat presentasi. Ia tidak hanya sebatas angka dan tulisan. Namun, ia juga punya tampilan yang memanjakan audiens saat melihat presentasi yang dibawakan.

Baca Juga : Ngeri, Kasus Kekerasan Anak di Depok Meningkat

Keuntungan lainnya, Canva bisa diakses secara online. Kamu bisa berkolaborasi dengan orang lain dalam membuat presentasi secara bersamaan. Apalagi Canva dapat diakses baik dari laptop, komputer, bahkan smartphone selama ada jaringan internet.

2. Google Slides

Google tidak hanya berkaitan dengan mesin pencarian dan email. Sekarang, Google memberikan layanan berupa Google Workspace. Ia adalah layanan yang menunjang pekerjaan kamu supaya lebih produktif dan efisien. Salah satunya adalah Google Slides.

Google Slides memberikan kamu kemudahan dalam membuat presentasi. Apalagi, ia bisa diakses di mana pun dan kapan pun selama ada akses internet. Kamu tidak perlu takut ketinggalan materi presentasi karena ia telah tersimpan dalam Google Drive.

Kelebihan lainnya, Google Slide memungkinkan kamu untuk membuat presentasi bersama temanmu secara bersamaan. Anggaplah kamu dan temanmu sedang berada di luar kota. Maka, tak ada lagi alasan untuk tidak mengerjakan presentasi karena jarak yang memisahkan, kan?

3. LibreOffice Impress

LibreOffice merupakan aplikasi open source dari The Document Foundation. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dan tanpa ribet untuk aktivasi atau berlangganan. Untungnya, LibreOffice juga memiliki sebuah aplikasi yang punya kemampuan hampir sama dengan Power Point, yaitu LibreOffice Impress.

Secara tampilan dan fitur, LibreOffice Impress menyamai dengan Power Point. Apalagi dalam penggunaannya pun dilakukan secara offline. Beruntungnya lagi, kamu bisa menyimpan file presentasi dalam format yang sama dengan Power Point, yaitu .ppt atau .pptx. Namun, kamu perlu hati-hati saat membukanya di Power Point versi 2007 ke atas. Pasalnya, dalam penyimpanan di LibreOffice Impress masih terbatas sampai menyerupai Power Point versi 2007.

Keunggulan lain dari LibreOffice Impress adalah memiliki template presentasi yang cukup banyak. Hal ini memudahkan kamu untuk menyusun presentasi sesuai kebutuhan yang diinginkan.

4. Prezi

Kehadiran Prezi memberi nuansa yang berbeda saat membuat presentasi. Tidak seperti Power Point, LibreOffice, atau Google Slide yang membuat presentasi dari satu slide ke slide lain. Prezi memiliki fitur menarik dalam kemampuannya membuat sebuah presentasi non-linear.

Fitur presentasi non-linear ini membuat presentasi lebih kreatif. Fitur ini memberikan tampilan seperti mindmapping yang dapat loncat dari satu slide ke slide yang lain. Apalagi dengan efek zoom in, zoom out, maupun panning yang bisa kamu berikan di beberapa slide. Ini membuat transisi dalam presentasimu tidak lagi monoton. (rd/net)

 

Editor : Pebri mulya